ilustrasi sholat.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel

Duka Mendalam Tragedi Kanjuruhan, Berikut Niat dan Tata Cara Sholat Ghaib untuk Mendoakan Para Korban

Rabu, 5 Oktober 2022 - 13:29 WIB

tvOnenews, Religi - Publik tanah air, terlebih pecinta sepak bola berduka akibat insiden tragis di Stadion Kanjuruhan, Malang, dalam lanjutan BRI Liga 1 yang mempertemukan Arema FC dan Persebaya pada Sabtu (1/10/2022) lalu.

Sejumlah pihak kemudian mengadakan sholat ghaib sebagai bentuk duka mendalam terhadap para korban tragedi Kanjuruhan.

Tak ketinggalan Kemenag dan PWNU Jawa Timur mengimbau umat Islam untuk melakukan sholat ghaib dan mendoakan para korban.

Salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk saudara kita yang telah wafat adalah mendoakan mereka dengan sholat jenazah, atau sholat ghaib jika dari jauh.

Sholat jenazah atau gaib bertujuan mendoakan agar mereka yang meninggal dunia bisa diterima dan berada di tempat terbaik di sisi Allah SWT.

Riwayat dari Abu Hurairah ra. Rasulullah SAW bersabda,

Sungguh Nabi saw memberitakan kabar kematian Raja Najasyi di hari kewafatannya, lalu beliau bersama para sahabatnya keluar ke tempat shalat, membariskan sahabatnya dan bertakbir sebanyak empat kali (shalat Ghaib).” (Alawi Abbas al-Maliki, Hasan Sulaiman an-Nuri, Ibânatul Ahkâm Syarhul Bûlugil Marâm, juz II, halaman 173).

Berikut niat dan tata cara pelaksanaan sholat ghaib bagi kamu yang ingin mendoakan para korban di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Niat sholat ghaib

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral