Ilustrasi Dzikir.
Sumber :
  • pexels

Keajaiban Dzikir Hasbunallah Wa Ni'mal Wakiil, Sebaiknya Dilafalkan Saat Subuh

Jumat, 7 Oktober 2022 - 03:31 WIB

tvOnenews - Kalimat dzikir Hasbunallah Wa Ni'mal Wakiil (cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung), tentu sudah sangat familiar dan sering kita dengar.

Namun tahukah kamu bahwa ada keajaiban dibalik kalimat dzikir tersebut. Allah SWT menceritakan mengenai Rasul dan sahabatnya dalam firman-Nya,

“(Yaitu) orang-orang (yang mentaati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan, ‘Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka’, maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab, ‘hasbunallah wa ni’mal wakiil’. ” (Q.S. Ali Imran: 173)

Sahabat Ibnu ‘Abbas, ia berkata bahwa “hasbunallah wa ni’mal wakiil” adalah ucapan Nabi Ibrahim ‘alaihis salaam ketika beliau ingin dilempar di api.

"Yang menyelamatkan Ibrahim Alaihis Salam selamat dari api pada saat dibakar kalimat, hasbunallah wa ni’mal wakil atau hasbiallah wa ni’mal wakil.” ujar Ustad Khalis Basalamah.

Dalam salah satu ceramah yang diunggah di kanal YouTubenya, Ustadz Khalid Basalamah menyampaikan tentang keajaiban dari kalimat dzikir tersebut.

“Kalimat Hasbiallah, ini yang digunakan oleh para sahabat pada saat mereka terdesak dan tersebarnya berita kalau Nabi SAW telah meninggal di Perang Uhud,” kata Ustad Khalis, dikutip dari YouTube Khalid Basalamah Official pada Sabtu (10/9/2022).

Ia mengatakan, meski mendengar kabar buruk di tengah situasi yang sedang terdesak, para sahabat tetap berpegang teguh pada imannya mengatakan, 'hasbunallah wa ni'mal wakil'. Lalu Allah mengatakan dalam Al-Quran, maka Allah balik perasaan khawatir mereka menjadi ketenangan dan kemenangan.

Ilustrasi (Freepik)

Ustad Khalid juga menceritakan kisah saat umat muslim ditakut-takuti oleh orang Quraisy dalam perang.

“Juga kalimat ini diucapkan pada saat orang-orang Quraisy menakuti pasukan muslimin di perang Hamra’ul Asad. Setelah Perang Uhud.” ujar Ustadz Khalid.

“Maka orang-orang Quraisy mengatakan pasukan Quraisy 2800 orang bahkan 3000 orang. kurang sedikit dari 3000 orang, 2900 sekian. Itu akan menyerang kalian, sementara kalian luka-luka semuanya. Maka mereka dengan penuh keyakinan mengatakan ‘hasbunallah wa ni’mal wakil’.” lanjutnya

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:09
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
Viral