Sholat Jumat di Masjidil Haram.
Sumber :
  • Istimewa/Antara

Amalan-amalan yang Dianjurkan pada Hari Jumat, Sesuai dengan Sunnah Rasulullah SAW 

Jumat, 14 Oktober 2022 - 11:35 WIB

Jakarta - Jumat merupakan hari yang baik dan agung bagi umat Islam. Bahkah, hari Jumat ini sangat luar biasa, karena semua jenis ibadah akan dimuliakan oleh  Allah SWT. Hal itu dikatakan ustaz Khalid Bsalamah kepada jemaahnya. 

Selain itu, dari berbegai sumber, bahwa hari Jumat juga harus memperbanyak membaca amalan. Seperti yang diriwayatkan Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata.

"Perbanyaklah shalawat kepadaku setiap hari jum’at karena shalawatnya umatku akan dipersembahkan untukku pada hari jumat, maka barangsiapa yang paling banyak bershalawat kepadaku, dia akan paling dekat derajatnya denganku." (HR. Baihaqi dengan sanad shahih). 

Kemudian, juga ada amalan-amalan yang dianjurkan pada hari Jumat, hal ini sesuai dengan sunnah Rasulullah saw. Seperti, mandi sebelum berangkat sholat Jumat. 

Berdasarkan hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah saw

“Barangsiapa mandi pada Hari Jumat sebagaimana mandi janabah” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Nah, untuk mandi Jumat ini dilaksanakan sejak terbit fajar Shadiq sampai pelaksanaan Jumat. Lebih utama dilakukan menjelang keberangkatan menuju tempat sholat Jumat. Bahkan, mandi Jumat ini sangat dianjurkan, sehingga meninggalkannya dihukumi makruh. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral