ilustrasi sholat.
Sumber :
  • freepik/arvstd

Bacaan dan Tata Cara Pelaksanaan Salat Lima Waktu

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 06:44 WIB

tvOnenews.com, Religi - Dalam Islam, wajib hukumnya untuk melaksanakan salat lima waktu. Sebagaimana firman Allah dalam surat An Nisa,

اِنَّ الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا

Artinya: "Sungguh, salat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman." (QS. An Nisa: 103)

Salat adalah cara seorang hamba menghadap Allah dalam bentuk ibadah dengan perkataan dan perbuatan yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam. 

Bahkan dalam sebuah hadis ditulis Imam Malik bin Anas al-Ashbani al-Madani (179 H) dalam karyanya Muwattha' al-Iman Malik (juz 1, hal.173) disebutkan.

أَوَّل مَا يُنْظَرُ فِيهِ مِنْ عَمَلِ الْعَبْدِ الصَّلَاةُ. فَإِنْ قُبِلَتْ مِنْهُ، نُظِرَ فِيمَا بَقِيَ مِنْ عَمَلِهِ. وَإِنْ لَمْ تُقْبَلْ مِنْهُ، لَمْ يُنْظَرْ فِي شَيْءٍ مِنْ عَمَلِهِ

Artinya: "Amal yang pertama kali dinanti-nantikan (di akhirat kelak) adalah amal shalat. Bila shalat dinyatakan diterima, maka ada harapan untuk menunggu keputusan amal yang lain. Namun, bila tak diterima, maka tiada gunanya menanti amal-amal lainnya."

Bacaan dan tata cara pelaksanaan salat lima waktu


Freepik/garakta_studio

Kemudian, untuk melaksanakan salat tentu ada tata cara pelaksanaannya dan bacaan doanya. Berikut tata cara dan bacaan salat yang benar

1. Berdiri tegak menghadap kiblat dan  membaca niat mengerjakan salat. Niat yang dibaca pun sesuai dengan salat yang sedang dikerjakan. Misalnya salat subuh dan sebagainya. Kemudian, niat salat dibaca dalam hati. 

2. Mengangkat kedua belah tangan serta membaca "Allahu Akbar"

اللهاكبر

Allaahu akbar

Artinya: "Allah Maha Besar"

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral