ilustrasi berdoa.
Sumber :
  • Pixabay

Amalkan Doa Setelah Sholat Tahajud Berikut ini, InsyaAllah dapat Diampuni dan Meleburkan Segala Dosa

Kamis, 20 Oktober 2022 - 05:58 WIB

tvOnenews.com, Religi - Sholat Tahajud adalah salah satu sholat sunnah yang memiliki manfaat yang dahsyat. Sholat sunnah muakkad ini didirikan pada sepertiga malam setelah terjaga dari tidur.

Secara bahasa, sholat Tahajud berarti berupaya melawan atau meninggalkan tidur. Sedangkan menurut istilah fiqih, sholat Tahajud adalah sholat sunnah malam hari yang dilakukan setelah tidur. 
Sebagaimana dilansir dari laman NU online, hukum sunnah dari sholat Tahajud itu berdasarkan ijma' ulama. Namun, kesunahannya bersifat muakkad atau sangat kuat karena selalu dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

Sholat Tahajud sangatlah dianjurkan, keutamaan dari sholat ini disebutkan dalam Al-Qur’an, Allah SWT berfirman dalam surat al-Isra,

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Artinya: "Dan dari sebagian malam sholat tahajudlah kamu (Muhammad SAW) dengan membaca Al-Qur’an (di dalamnya) sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu menempatkanmu pada tempat yang terpuji" (QS al-Isra: 79). 

Jumlah Rakaat sholat Tahajud
Jumlah rakaat dari sholat tahajud tak berbatas, namun minimal dilakukan sebanyak 2 rakaat.

Sementara, bacaan surat yang dianjurkan setelah al-Fatihah tak ada ketentuannya. Semua surat dalam Al-Qur'an baik panjang maupun pendek dianjurkan untuk dibaca.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral