Ilustrasi Dzikir.
Sumber :
  • pexels

Dzikir Petang, Amalan dengan Banyak Keutamaan

Kamis, 20 Oktober 2022 - 16:25 WIB

tvOnenews -  Dzikir adalah suatu perbuatan yang ditujukan untuk mengingat Allah SWT dalam bentuk ucapan lisan. 

Dzikir mengandung pujian, rasa syukur dan doa kepada Allah SWT. Salah satu waktu yang baik untuk membaca dzikir adalah saat petang atau tepatnya setelah shalat ashar dan sebelum maghrib.

Mengamalkan bacaan dzikir petang, selain akan mendapatkan pahala dan ridha dari Allah SWT, juga merupakan bentuk syukur kita atas hari yang sudah kita jalani.

Ilustrasi Orang Berdzikir (envato element)

Berikut bacaan dzikir petang yang bisa diamalkan.

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

“Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk.”

Membaca Ayat Kursi 1x

اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ، لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ، لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ، مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ، يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ، وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَاءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ، وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا، وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

“Allah, tidak ada ilah (yang berhak disembah) melainkan Dia, yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Dia tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi-Nya tanpa seizin-Nya. Dia mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka. Mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dan Dia Maha Tinggi lagi Maha besar.” (QS. Al Baqarah: 255)

Membaca Surat Al Ikhlas, Al Falaq, An Naas (3x)

Ilustrasi Orang Berdoa (Freepik/jainothing)

Ketiga surah pendek yang ada di akhir Al-Qur'an itu masing-masing dibaca sebanyak 3 kali.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:57
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
Viral