ilustrasi zakat.
Sumber :
  • Freepik/odua

8 Golongan Penerima Zakat dalam Ajaran Islam, Salah Satu Diantaranya adalah Mualaf

Jumat, 21 Oktober 2022 - 17:55 WIB

tvOnenews.com, Religi -  Zakat adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh semua umat Islam, tentunya bagi yang mampu melaksanakannya.

Melansir dari laman VIVA.co.ic, berdasarkan Peraturan Menteri Agama No. 52 Tahun 2014, zakat merupakan harta yang wajib dikeluarkan oleh seorang muslim atau badan usaha yang dimiliki oleh orang Islam untuk diberikan kepada yang berhak menerima sesuai dengan syariat Islam.


Freepik/rembolle

Zakat juga merupakan sarana untuk mensucikan jiwa dan pencuci dosa yang telah berlalu. Allah SWT berfirman dalam Al Quran,

Artinya: "Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (QS. at Taubah; 103)

Terkait hukumnya, para ulama sudah menyepakati bahwa mengeluarkan zakat hukumnya adalah wajib untuk setiap umat Islam yang sudah memenuhi syarat wajib zakat. Sebagaimana dalam ketentuan syariat agama.

Perintah mengeluarkan zakat ini juga ada di dalam salah satu ayat Al Quran,

Artinya: "Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahala nya pada sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan." (QS. Al Baqarah: 110)

Golongan Penerima Zakat

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:13
03:09
01:56
00:49
01:46
04:06
Viral