ilustrasi berdoa.
Sumber :
  • Freepik/zurijeta

Bacaan Doa dan Adab yang Dianjurkan Bagi Para Jamaah Haji yang Telah Pulang dari Tanah Suci Mekkah

Kamis, 27 Oktober 2022 - 13:59 WIB

tvOnenews.com, Religi - Melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci merupakan sebuah kewajiban yang juga termasuk rukun Islam yang kelima.

Namun, setiap muslim diwajibkan pergi haji dengan syarat mampu melakukan perjalanan pulang dan pergi ke Mekkah. Sebagaimana firman Allah dalam surat Ali Imran Ayat,

فِيْهِ اٰيٰتٌۢ بَيِّنٰتٌ مَّقَامُ اِبْرٰهِيْمَ ەۚ وَمَنْ دَخَلَهٗ كَانَ اٰمِنًا ۗ وَلِلّٰهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ اِلَيْهِ سَبِيْلًا ۗ وَمَنْ كَفَرَ فَاِنَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعٰلَمِيْنَ

Artinya: “Di sana terdapat tanda-tanda yang jelas, (diantaranya) maqam Ibrahim. Barangsiapa memasukinya (Baitullah) amanlah dia. Dan (di antara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana. Barangsiapa mengingkari (kewajiban) haji, maka ketahuilah bahwa Allah Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu) dari seluruh alam.” (QS. Ali Imran: 97)


Freepik/odua

Di sejumlah daerah di Indonesia, sudah menjadi tradisi bagi jemaah haji yang baru pulang, akan disambut dan dikunjungi oleh keluarga dan kerabat. Bahkan sampai membuat syukuran kecil-kecilan.

Tahukah kamu, selama perjalanan pulang atau datang dari tanah suci, ada doa dan adab yang baik untuk diamalkan.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral