Ilustrasi Orang sedang Salat.
Sumber :
  • pexels

Salat Dhuha, Ibadah Sunnah yang jadi Salah Satu Wasiat Rasulullah

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 07:01 WIB

tvOnenews.com - Salat dhuha adalah salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan dan dilaksanakan setelah waktu subuh dan sebelum waktu dzuhur.

Namun bila dhuha dirangkai dengan kata salat sehingga menjadi "salat dhuha" maka berarti salat yang dilaksanakan pada waktu matahari naik meninggi, dikutip dari buku Pendidikan Agama Islam bagi Masyarakat Awam, Imam Durori.

Pemaknaan seperti ini sesuai dengan konteks sabda Rasulullah shollallahu 'alaihi wasallam sebagai berikut:

"Rasulullah shollallahu 'alaihi wasallam bersabda bahwa Allah 'Azza wa Jalla berfirman: Wahai anak Adam, jangan engkau tinggalkan empat raka'at di awal siang, karena akan Aku cukupi engkau hingga akhir hari", (HR at-Tirmidzi).

Sementara dalam hadits Jami' at-Tirmidzi No. 438, Kitab Shalat, dijelaskan bahwa barang siapa maka dosanya akan diampuni. Berikut hadits Tirmidzi yang telah dikutip dari hadits.id.

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الْأَعْلَى الْبَصْرِيُّ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ زُرَيْعٍ عَنْ نَهَّاسِ بْنِ قَهْمٍ عَنْ شَدَّادٍ أَبِي عَمَّارٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ حَافَظَ عَلَى شُفْعَةِ الضُّحَى غُفِرَ لَهُ ذُنُوبُهُ وَإِنْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ قَالَ أَبُو عِيسَى وَقَدْ رَوَى وَكِيعٌ وَالنَّضْرُ بْنُ شُمَيْلٍ وَغَيْرُ وَاحِدٍ مِنْ الْأَئِمَّةِ هَذَا الْحَدِيثَ عَنْ نَهَّاسِ بْنِ قَهْمٍ وَلَا نَعْرِفُهُ إِلَّا مِنْ حَدِيثِهِ

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin 'Abdil A'la Al Bashri telah menceritakan kepada kami Yazid bin Zurai' dari Nahas bin Qahm dari Syaddad Abu 'Ammar dari Abu Hurairah dia berkata, Rasulullah Shallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barang siapa yang selalu menjaga raka'at dhuha, maka dosa-dosanya akan diampuni walaupun seperti buih di lautan." Abu Isa berkata, hadits ini juga telah diriwayatkan Waki' dan Nadlr bin Syumail serta tidak cuma satu orang dari para ulama hadits dari Nahs bin Qahm, kami tidak mengetahui (hadits yang lain) kecuali dari haditsnya, (HR at- Tirmidzi).

(pexels)

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:05
04:10
05:46
01:09
15:57
07:09
Viral