Ilustrasi Orang Salat.
Sumber :
  • pexels

Tata Cara Salat Dhuha

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 09:46 WIB

tvOnenews - Setiap usaha haruslah diiringi dengan doa. Salah satu amalan shalat sunnah yang baik dikerjakan setiap hari adalah salat dhuha. 

Ganjaran pahala dari salat dhuha sama dengan orang yang bersedekah. Hal ini seperti tertuang dalam hadits riwayat Imam Tirmidzi. 
Allah berfirman, "Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat raka'at Shalat di awal siang (di waktu Dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang,” (HR. Tirmidzi). 

Jika kamu ingin dimasukkan ke dalam golongan orang yang taat, maka ibadah salat dhuha adalah ibadah yang harus kamu tunaikan. 

Menurut hadits dari Abu Hurairah, Rasulullah pernah bersabda, “Tidaklah menjaga shalat sunah Dhuha melainkan awwab. Inilah shalat awwabin” (Syarh Shahih Muslim, 6:30). 

Sesuai dengan penjelasan Imam Nawawi, awwab adalah muthii' atau orang yang taat. Beberapa orang meyakini bahwa arti dari awwab adalah orang yang kembali taat.

Kapan Waktu yang Tepat Melaksanakan Salat Dhuha?

Salat dhuha merupakan salat sunnah yang dikerjakan pada waktu dhuha. 

Buya Yahya dalam ceramahnya memaparkan, salat dhuha dilakukan selagi matahari belum di atas kepala. "maka itu adalah waktu Dhuha," ungkap Buya.

Buya lebih lanjut menjelaskan bahwa waktu dhuha terbentang dari matahari terbit hingga setinggi qadra ramhin.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:57
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
Viral