Ilustrasi Berdoa Setelah Sholat Tahajud.
Sumber :
  • Istimewa/istockphoto.com

Catat! Ini Niat Sholat Tahajud dan Tata Caranya

Senin, 7 November 2022 - 00:20 WIB

Religi -  Sholat tahajud dapat dikerjakan kapan pun. Namun dikerjakan dalam kurun waktu setelah sholat Isya sampai dengan masuknya waktu subuh. Meskipun begitu, ada waktu yang paling dianjurkan untuk melaksanakan sholat tahajud, yakni sepertiga malam terakhir.

Dimaksud sepertiga malam terakhir, berarti setelah tengah malam hingga masuknya waktu subuh. Jika mengerjakan sholat tahajud pada waktu tersebut, insya Allah doanya akan di jabah oleh Allah SWT.

Kemudian, dilansir dari berbagai sumber, Syekh al-Batini berpendapat bahwa sholat tahajud yang dikerjakan secara berjamaah menurut kajian fikih klasik disebut ta'qib. Artinya mengerjakan sholat sunnah berjamaah apa pun di luar sholat tarawih.

Menurut Mazhab Hanafi, hukum ta'qib seperti sholat tahajud berjamaah adalah makruh. Seperti disampaikan Ibnu Muflih, sholat sunnah itu hendaknya dilakukan berjamaah sekali saja.

Nah, jika Anda hendak melaksanakan sholat tahajud, tetapi sudah mengerjakan tarawih berjemaah, sebaiknya ditunaikan sendiri saja. 

Bahkan, pernyataan ini juga disampaikan oleh Ibnu Najim dalam al-Bahr ar-Raiq Syarh Kanz Daqaiq dan al-Kasani di kitab Bada'i as-Shana'i fi Tartib as-Syara'i.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral