Ilustrasi Orang Berdoa.
Sumber :
  • pexels

Umat Islam saat Malam Tahun Baru, Muhasabah dan Berdoa

Sabtu, 31 Desember 2022 - 10:59 WIB

Jakarta - Tahun masehi 2022 akan berakhir dan berganti dengan tahun baru  2023. Pada setiap akhir tahun dan awal tahun bulan masehi atau hijriah, disarankan setiap umat muslim untuk muhasabah serta melafadzkan doa akhir dan awal tahun.

Muhasabah adalah sama dengan mengintrospeksi diri. Tidak hanya itu, namun juga ikhtiar atau usaha bagaimana manusia melakukan evaluasi terhadap dirinya.

Muhasabah jelang tahun baru ini penting dilakukan oleh semua manusia supaya manusia mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangannya. Lebih lanjut, pentingnya melakukan muhasabah tercakup dalam tuturan Umar bin Khatab sebagai berikut: 

“Hisablah diri (introspeksi) kalian sebelum kalian dihisab, dan berhias dirilah kalian untuk menghadapi penyingkapan yang besar (hisab). Sesungguhya hisab pada hari kiamat akan menjadi ringan hanya bagi orang yang selalu menghisab dirinya saat hidup di dunia,” dikutip dari NU pada Sabtu (31/12/2022)

Di satu sisi, manusia lebih baik mengurusi atau memikirkan dirinya sendiri daripada melakukan hal tersebut kepada orang lain. Dengan melakukan ini, maka nantinya juga akan mengurangi terjadinya kesalahan. 

Dalam sebuah hadits, sabda rasulullah tentang orang yang mengevaluasi dirinya adalah: 

“Orang yang cerdas (sukses) adalah orang yang menghisab (mengevaluasi) dirinya sendiri, serta beramal untuk kehidupan sesudah kematiannya. Sedangkan orang yang lemah adalah orang yang mengikuti hawa nafsunya serta berangan-angan terhadap Allah SWT (HR Tirmidzi. (Dikatakan bahwa “Ini hadits hasan)).” 

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral