cari bibit unggul atlet catur di ajang Tournament Catur Junior 2023.
Sumber :
  • tim tvone - sandi irwanto

Mengasah Otak Anak, Cari Bibit Unggul Atlet Catur di Ajang Tournament Catur Junior 2023

Senin, 13 November 2023 - 09:54 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Ratusan anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar mengikuti turnamen catur yang digelar Percasi, di salah satu kafe di Kota Surabaya. Diharapkan, turnamen catur ini mampu mencetak bibit-bibit atlet catur nasional, maupun menjadi master catur yang bisa berkiprah di tingkat internasional.

Antusiasme anak-anak ini patut dipuji saat mengikuti turnamen catur 2023, yang digelar dalam rangka menyemarakkan Hari Pahlawan. Pasalnya, meski pun masih anak-anak, namun mereka cukup lihai dalam permainan catur. Mereka juga tampak serius memeras otak saat mengatur strategi dalam permainan catur ini.

Selain mengasah otak untuk berlatih catur dalam turnamen ini, sejumlah anak ini ternyata juga ada yang menyabet juara catur tingkat Kota Surabaya. Bahkan, mereka sudah beberapa kali meraih juara catur tingkat anak di Kota Pahlawan ini.

Salah satunya Syava, peserta turnamen catur ini pernah meraih juara satu di tingkat Kota Surabaya. Siswi berhijab kelas 5 SD ini merasa senang bisa ikut dalam turnamen catur dan bisa menjadi salah satu juaranya.

Awalnya, Syava mengaku sulit bermain catur tersebut. Namun dia tetap gigih berlatih dan bermain catur di clubnya dengan bimbingan pelatihnya. Lambut laun dia merasa senang bisa bermain catur. Tak hanya itu, dia pun ingin berkembang terus dengan mengikuti sejumlah turnamen yang digelar Percasi.

“Susah awalnya itu. Gak ngerti bagaimana cara mainnya. Setelah belajar dan tahu bagaimana cara bermain catur akhirnya saya suka catur,” kisah Syava, dengan nada polos.

Perasaan senang bermain catur ini kemudian dilanjutkan dengan belajar dan terus berlatih main catur, hingga perlahan dia menguasai sejumlah taktik dan strategi bermain catur dengan baik. Hasilnya, dia beberapa kali menjuarai turnamen catur.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral