Aquabike Jetski World Championship 2023 Danau Toba digelar di empat kabupaten sekaligus..
Sumber :
  • Daud

Aquabike Jetski World Championship, Pemkab Samosir Pastikan Danau Toba Aman dari Eceng Gondok

Rabu, 22 November 2023 - 11:23 WIB

Samosir, tvOnenews.com - Pemerintah Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara, memastikan lintasan lomba Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba aman dari tanaman eceng gondok, sehingga dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadis LH) Kabupaten Samosir, Edison Pasaribu, saat dihubungi, Selasa (21/11/2023).  “Sejauh ini kondisinya (lintasan) bersih (dari Enceng Gondok) dan aman tidak akan mengganggu jalannya lomba,” ujarnya.

Eceng gondok di sekitar area lomba Aquabike Jetski di Danau Toba sempat dikhawatirkan mengganggu. Tanaman ini oleh Masyarakat sekitar digunakan untuk Keramba Jaring Apung (KJA).

Namun Edison mengungkapkan bahwa masyarakat bisa menerima setelah keramba tersebut direlokasi ke daerah yang ditentukan. Sejak lama di sekitar Dana Toba banyak terdapat eceng gondok yang saat dibongkar lepas dan terbawa angin ke tengah danau.

“Kedua memang lokasi di situ agak persimpangan karena waktu dibangun (venue Aquabike) sempat ditutup, sehingga daerah yang ditutup itu numpuk eceng gondok-nya, Begitu dibuka bonggolnya jadi lepas semua. Itu penyebabnya (banyak eceng gondok),” ungkap Edison.

Dia pun menegaskan guna memastikan tanaman ini tidak kembali, Pemkab Samosir rutin melakukan pemantauan kawasan terutama di sekitar lintasan lomba olahraga air Internasional tersebut, guna memastikan kebersihan lingkungannya.

Masyarakat setempat juga dikatakannya turut membantu dalam mengatasi tanaman hama tersebut dengan mengolahnya menjadi pupuk. “Mereka menggunakan eceng gondok sebagai kompos. Mereka mengambil eceng gondok untuk diolah menjadi kompos selama ini, sehingga populasinya terkendali,” imbuh dia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
26:59
25:31
06:57
09:47
07:30
00:48
Viral