Presiden Barcelona Joan Laporta ketika memperkenalkan mantan pemain Manchester City,.
Sumber :
  • Antara

Barcelona Ogah Main Sama Klub Israel Di Yerusalem

Jumat, 16 Juli 2021 - 19:49 WIB

Yerusalem - Klub sepak bola Spanyol Barcelona batal tanding dengan klub Israel Beitar Jerusalem. Kamis (15/7) pemilik klub Beitar Jerusalem Moshe Hogeg menyatakan pihaknya yang membatalkan laga persahabatan yang dijadwalkan akan berlangsung 4 Agustus mendatang.

Alasannya karena Barcelona mengajukan sejumlah persyaratan termasuk tidak mau bermain di Yerusalem. Wali kota Yerusalem Moshe Lion mendukung keputusan klub Beitar Jerusalem. Moshe menyatakan Barcelona telah memboikot Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan ini tidak profesional, tidak sportif dan tidak mendidik.

Barcelona sejauh ini menyatakan belum pernah secara resmi menyatakan akan melakukan laga persahabatan dengan klub Beitar Jerusalem. Sebelumnya asosiasi sepak bola Palestina mengirim surat protes ke klub Barcelona atas rencana pertandingan di Yerusalem. Seorang anggota parlemen Israel pun menolak rencana ini dengan alasan klub Beitar terkenal rasis.

Ini bukan kali pertama tim Lionel Messy menolak tanding dengan Israel. Tahun 2018 tim nasional Argentina membatalkan pertandingan pra-piala dunia dengan Israel sebagai aksi pro-Palestina. Israel kemudian menuding Argenti pro-terorisme yang berakhir dengan pemberian sanksi dari FIFA kepada Israel atas ujaran provokasi yang menyerang tim nasional Argentina.

Yerusalem diklaim secara sepihak oleh Israel sebagai ibu kota negara Israel. Dunia internasional tidak mengakui klaim Israel tersebut kecuali sejumlah negara sekutu Israel termasuk Amerika Serikat. Israel menguasai Yerusalem Timur lewat perang tahun 1967 kemudian menganeksasi atau menyatukannya sebagai bagian dari wilayah negara Israel. Ini melanggar hukum internasional yang mengatur negara penjajah tidak boleh menjadikan wilayah jajahannya sebagai bagian negara.(irw/AP/mii) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral