Rangkaian kirab obor menyambut Pekan Specials Olympics Nasional.
Sumber :
  • Tim tvOne - Edi Suryana

Pekan Specials Olympics Nasional, Pertandingkan 17 Cabor

Rabu, 2 Maret 2022 - 18:19 WIB

Purworejo, Jawa Tengah - Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) masih dipandang sebagai kaum marjinal yang kadang oleh keluarganya pun 'disembunyikan'. Padahal mereka memiliki hak tumbuh kembang, kesehatan, pendidikan dan berekspresi yang sama.

Untuk mewadahi minat dan bakat anak-anak spesial, khususnya anak dengan disabilitas intelektual, pemerintah menyelenggarakan Pesonas (Pekan Specials Olympics Nasional) pada 3-8 Juli 2022 di Kota Semarang.

Untuk mensosialisasikan kegiatan ini, panitia dari SOIna (Specials Olympic Indonesia) mengadakan kirab obor Pesonas keliling Pulau Jawa.

Kegiatan rangkaian kirab obor menyambut pekan specials olimpic yang pertama ini dimulai keliling Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY, DKI Jakarta, Jawa Barat lalu kembali ke Semarang sebagai tuan rumah. 

Untuk Kabupaten Purworejo, penyerahan obor oleh Sekda DIY, R Kadarmanta Baskara Aji dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati dihadiri oleh Wabup Yuli Hastuti dan pimpinan OPD terkait.

""Special Olympics Indonesia (SOIna) adalah satu-satunya organisasi di Indonesia yang mendapat akreditasi dari Special Olympics International (SOI) untuk menyelenggarakan pelatihan dan kompetisi olahraga bagi warga Tunagrahita (disabilitas intelektual) di Indonesia," kata Hening Budiawati, panitia Pesonas bidang non-kompetisi pada acara penyerahan kirab obor di Pendopo Kabupaten Purworejo, Rabu (2/3/2022).

"Indonesia bergabung menjadi anggota Special Olympics ke-79 pada 9 Agustus 1989. Hingga tahun 2011 SOIna telah menjaring 55.000 atlet yang tersebar di 33 provinsi," Lanjutnya

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral