Bangkitkan Peminat Sport Tourism, Fun Marathon Perdana Dibuka di Kabupaten Pakpak Bharat.
Sumber :
  • tim tvone/Wana Sari

Bangkitkan Peminat Sport Tourism, Fun Marathon Perdana Dibuka di Kabupaten Pakpak Bharat

Jumat, 15 Juli 2022 - 16:53 WIB

Pakpak Bharat, Sumatera Utara - Bangkitkan potensi wisata olahraga di Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara, Pemkab setempat menggelar Fun Marathon Simsim sejauh 10 kilometer, Jumat (15/7/2022). Kegiatan yang digelar perdana pascapandemi Covid-19 ini diharapkan menjadi pemicu semangat bagi kebangkitan pariwisata lokal sekaligus perekonomian masyarakat.

Hal itu diungkapakan Bupati Pakpak Bharat, Franc Benhard Tumanggor, kepada tvonenews.com, Jumat (15/7/2022). Ia juga menyebutkan marathon yang diikuti sekitar 480 peserta kategori umum dan pelajar ini, dimulai dan berakhir di Lapangan Napasengkut, Kota Salak, Kabupaten Pakpak Bharat.

Selain diikuti dari beberapa kota di Sumatera Utara, ia katakan, peserta yang hadir juga berasal dari Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Sumatera Selatan, unsur TNI dan Polri. Bahkan ia beberkan satu di antara yang menarik dari Fun Marathon Simsim Pakpak Bharat, yakni jalur yang terbilang cukup ekstrem dengan rute perbukitan. 

“Ini kami test case dulu, makanya judulnya juga fun marathon, supaya orang kenal dulu dengan Pakpak Bharat, dan kita belum ada event selama pandemi. Untuk ke depan, kalau ini ramai terus, ya, kita adakan lagi. Karena tempatnya cukup ok, berbukit, naik, turun,” kata Franc Benhard Tumanggor.

Franc Tumanggor menambahkan, fun marathon 10 kilometer ini merupakan rangkaian HUT Kabupaten Pakpak Bharat ke-19 yang akan jatuh pada 28 Juli mendatang. Sebagai daerah pemekaran, potensi wisata alam daerah Pakpak diharapkan menyaingi kabupaten-kabupaten tetangga, seperti Kabupaten Humbang Hasundutan

“Goals ke depan untuk kegiatan ini, di mana orang mengenal Pakpak Bharat dulu dari kegiatan sport tourism. Besok kita ada kegiatan arung jeram, biar terkenal dulu, biar orang-orang tahu ada Kabupaten Pakpak Bharat, dan kabupaten ini ada di Sumatera Utara," ujarnya. 

Franc berharap, di tahun berikutnya, kegiatan sport tourism bisa berkembang dengan target jumlah peserta minimal 1000 orang. (wna/Aag)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:09
02:26
00:58
02:21
03:21
01:03
Viral