Sambut Hari Olahraga Nasional, Inilah 7 Olahraga Tradisional Asli Indonesia.
Sumber :
  • antara

Sambut Hari Olahraga Nasional, Inilah 7 Olahraga Tradisional Asli Indonesia

Kamis, 9 September 2021 - 12:09 WIB

Jakarta - Seperti yang sudah Anda tahu, setiap tanggal 9 September diperingati dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas). Menurut sejarah, peringatan Haornas dimulai pada 9 September 1985 usai Presiden Soeharto menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) No.67/1985 tentang Hari Olahraga Nasional.

Sebagai informasi, diambilnya 9 September sebagai peringatan Hari Olahraga Nasional karena pada tanggal tersebut dibuka Pekan Olahraga Nasional (PON) untuk kali pertama. PON pertama diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah (Jateng) dan dibuka di Stadion Sriwedari pada 9 September 1948.

Nah, tahukah Anda kalau Indonesia ternyata memiliki olahraga tradisional yang beragam dan seru-seru? Olahraga tradisional ini merupakan aktivitas fisik untuk melatih tubuh secara jasmani dan rohani seseorang.

Berbeda dengan olahraga biasa, olahraga tradisional biasanya berasal dari budaya atau tradisi tertentu yang ada di suatu daerah di Indonesia. Karena budaya dan tradisi yang ada di Indonesia banyak, maka jenis olahraga tradisional pun beragam.


Berikut ini 7 olahraga tradisional khas Indonesia yang perlu Anda ketahui.

Pencak Silat
Pencak silat merupakan jenis olahraga tradisional bela diri khas Indonesia yang sudah dikenal sejak zaman kerajaan pada abad ke-7 Masehi. Pencak silat telah ditetapkan sebagai warisan budaya non-benda oleh The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada 12 Desember 2019 silam.

Meskipun gerakan-gerakan pencak silat mengandung unsur-unsur bela diri dari Tiongkok dan India, tetapi yang membedakannya pencak silat ini memiliki pahatan relief-relief yang menggambarkan sikap kuda-kuda pencak silat yang dapat ditemukan di Candi Borobudur dan Candi Prambanan. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
25:54
04:20
02:33
00:52
02:08
Viral