Selebrasi Cristiano Ronaldo setelah mencetak gol keduanya untuk Manchester United.
Sumber :
  • Antara

Hasil Matematika, CR7 Pemain Terbaik Dunia

Minggu, 12 September 2021 - 22:52 WIB

Jakarta – Siapa pesepakbola terbaik? Profesor dari Universitas Oxford, Inggris, Dr Tom Crawford mencoba menjawab perdebatan panjang ini.

Prof Crawford, seorang ahli matematika yang juga penggemar sepakbola, membuat algoritma, yang terdiri dari tujuh kategori, yaitu Jumlah gelar di level klub, domestik atau regional, berdasarkan koefisien liga. Kemudian, Jumlah gelar di level internasional. 150 poin jika menjuarai Piala Dunia, 100 poin bagi juara Euro atau Copa America dan nilai tambahan jika menjadi topskorer turnamen.

Algoritma lain yang dijadikan penghitungannya adalah, Jumlah gol di level klub, Jumlah gol di level internasional, Jumlah voting yang diterima dalam penghargaan Ballon d'Or, Rekor individu seperti top scorer turnamen, liga atau negara. Dan terakhir, Faktor Z dalam semusim, dan gol-gol yang tercipta mempengaruhi kejayaan tim.

"Sebagai penggemar berat sepakbola, saya sering debat dengan teman-teman tentang siapa pemain terhebat sepanjang masa. Bahkan, saya senang memperkenalkan matematika ke masyarakat luas, dalam beberapa tahun terakhir," ujar Crawford di laman Dailymail.

Dapat menunjukan matematika di dalam dunia sepakbola, lanjutnya, sungguh menyenangkan.

Dari penghitungan Crawford terhadap 10 legenda sepakbola berdasarkan algoritma yang telah ia sebutkan, Cristiano Ronaldo menempati urutan teratas daftar 10 pemain legenda. Mega bintang Portugal tersebut, mengumpulkan 537 poin. Cristiano Ronaldo mengalahkan Lionel Messi dan Pele di posisi kedua dan ketiga.

Dan berikut ini daftar pesepakbola terhebat sepanjang sejarah, menurut Prof Dr Tom Crawford.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral