Suasana jelang pemberangkatan api PON ke xx di halaman Kantor Bupati Sorong.
Sumber :
  • Tim Tvone

Obor PON ke XX Papua Diberangkatkan dari Kabupaten Sorong Papua Barat

Senin, 27 September 2021 - 09:23 WIB

Sorong, Papua Barat - Api PON ke xx yang diselenggarakan di Propinsi Papua,Senin pagi (27/9) diberangkatkan menuju sejumlah kota di Papua sebelum akhirnya dipakai dalam upacara pembukaan PON ke xx yang direncanakan akan berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Jayapura.

Pelepasan api abadi PON ini dipusatkan di halaman Kantor Bupati Kabupaten Sorong  yang dihadiri oleh Asisten 2 Propinsi Papua,Musaad, Wakil Gubernur Papua Barat, Muhamad Lakotani dan unsur pimpinan daerah setempat. Upacara pelepasan dan kirap obor abadi PON ke xx ini diikuti oleh sejumlah mantan atlet nasional dan daerah Papua Barat khususnya yang berdomisili di Kota dan Kabupaten Sorong.

Api abadi PON ke xx Papua diambil dari sumber alami bumi yakni di kawasan Klamono, Kabupaten Sorong yang merupakan kawasan minyak yang saat ini dikelola oleh Pertamina.  Api tersebut telah menyala dan tidak pernah padam sejak daerah ini ditemukan dan diekplorasi oleh Pemerintah Hindia Belanda pada abad ke 19.

Bupati Kabupaten Sorong,Jhon Kamuru diberi kesempatan untuk menyalakan api PON ke xx Papua yang kemudian diserahkan kepada 2 atlet legendaris asal Papua yakni Ronni Wabia dan Ortisan Salosa.

Selanjutnya api PON ke xx Papua ini diarak keliling Kota dan Kabupaten Sorong sebelum dibawa menuju bandara dan diterbangkan ke sejumlah kota di Papua seperti,Biak dan Merauke.

Dalam amanat singkatnya Wakil Gubernur Papua Barat Muhamad Lakotani berpesan kepada seluruh warga Papua dan Papua Barat untuk mensukseskan PON ke xx di Tanah Papua.(Hanafi Tianlean/rif)

 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:52
02:08
02:13
01:10
01:07
03:09
Viral