Magnussen klaim pole perdana di F1 dalam drama kualifikasi di Brasil.
Sumber :
  • Antara

Kevin Magnussen Rebut Pole Perdana di F1 Dalam Drama Kualifikasi di Brasil

Sabtu, 12 November 2022 - 04:47 WIB

Jakarta - Pebalap tim Haas Kevin Magnussen merebut pole position perdana dalam kariernya di Formula 1 setelah tampil tercepat pada babak kualifikasi sprint race Grand Prix Sao Paulo di Interlagos, Brasil, Jumat waktu setempat.

Magnussen diuntungkan oleh sejumlah faktor ketika menjalani sesi Q3. Ia menjadi pebalap terdepan saat mengantre keluar jalur pit sebelum sesi terakhir kualifikasi tersebut karena garasi tim Haas, sebagai tim peringkat terakhir di klasemen musim lalu, terletak paling ujung dekat jalur keluar pit.

Di tengah ancaman hujan dan lintasan basah, sang pebalap Denmark mencatatkan waktu tercepat 1:11,674 pada upaya pertamanya menggunakan ban slick saat trek cukup kering sebelum pebalap Mercedes George Russell keluar lintasan dan terjebak di gravel sehingga sesi kualifikasi dihentikan sementara dengan sisa waktu delapan menit.

Para pebalap kembali ke garasi untuk menunggu trek dinyatakan aman, namun hujan turun di lintasan. Pebalap tim Red Bull Sergio Perez sempat kembali ke trek menggunakan ban intermediate tapi kondisi trek yang basah tak memungkinkan untuk mencetak lap yang lebih baik dari kondisi kering, menjadi acuan tim dan pebalap lain untuk menyudahi kualifikasi lebih dini.

Magnussen akan start sprint race ketiga musim ini di Brasil nanti pada Sabtu di depan juara dunia Max Verstappen yang mengamankan P2 untuk Red Bull dengan selisih 0,203 detik.

Sedangkan lap Russell cukup untuk membawanya ke P3 yang akan ditemani oleh pebalap McLaren Lando Norris di baris kedua.

"Saya tak tahu harus bilang apa," kata Magnussen setelah meraih pole seperti dikutip laman resmi Formula 1.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:06
03:25
02:07
06:34
01:19
00:55
Viral