Pesepak bola Paris St Germain Lionel Messi melakukan selebrasi setelah berhasil mencetak gol.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reuters-Gonzalo Fuentes/hp.

Bukan Ronaldo dan Messi, Ini Dia Pencetak Hattrick Pertama Liga Champions Eropa

Rabu, 29 September 2021 - 14:16 WIB

Jakarta - Bicara soal gol di Liga Champions Eropa mungkin hanya ada dua nama yang terlintas di benak para pencinta sepak bola dunia saat ini, mereka adalah Cristiano ronaldo dan Lionel Messi .

Cukup beralasan, selain karena koleksi golnya yang sudah tembus 100 lebih,  kedua mega bintang itu juga tercatat sebagai pencetak hattrick terbanyak di kompetisi terelit antarklub Eropa tersebut dengan membukukan delapan hattrick .

Tapi, tahukah anda siapa pencetak hattrick pertama di Liga Champions, sejak berganti format pada 1992? yang jelas bukan dari Ronaldo ataupun Messi. Dia adalah penyerang PSV Eindhoven Juul Ellerman.

Ellerman, mencatatkan namanya dalam buku sejarah Liga Champions saat berlaga di babak penyisihan pertama. Saat itu PSV bersua klub lithuania FK Zalgiris dalam dua leg untuk lolos ke babak berikutnya.

PSV yang menjadi tuan rumah lebih dulu menjamu Zalgiris di Philips Stadium pada 16 september 1992, sukses mengulung tim tamu dengan skor telak 6-0, dimana tiga gol diantaranya di cetak oleh Ellerman di menit 24, 59 dan 64.

Kemenangan telak itu jadi modal berharga PSV, saat melakoni leg II di kandang Zalgiris, Zalgiris Stadium, pada 30 September 1992. PSV menang dengan skor meyakinkan 2-0 pada leg II. PSV lolos berkat keunggulan agregat 8-0 atas Zalgiris.

Tapi sayang langkah PSV saat itu terhenti di delapan besar, setelah kalah bersaing dengan AC Milan, IFK Goteborg dan FC Porto untuk memperebutkan tiket ke babak selanjutnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:12
04:55
03:10
01:25
17:29
03:50
Viral