Mengenal Lebih Dekat Sirkuit The Americas.
Sumber :
  • wikipedia

Mengenal Lebih Dekat Sirkuit The Americas

Rabu, 29 September 2021 - 23:43 WIB

Austin, AS, - Di bulan Oktober 2021 tepatnya tanggal 3, Sirkuit The Americas akan kembali menjadi tuan rumah MotoGP. Inilah profil singkat dari Sirkuit The Americas.

Circuit of the Americas yang sebelumnya bernama Sirkuit Internasional Austin merupakan fasilitas Grand Prix pertama yang dibangun di dekat Austin, Texas dengan panjang sirkuit 5,513 KM dan mempunyai kapasitas penonton 120.000 orang.

Sirkuit yang dirancang oleh Herman Tilke ini memulai pembangunan fasilitas seluas 1.000 meter persegi pada awal tahun 2011 dengan layout arah anti-clockwise (berlawanan arah jarum jam) dan selesai pada Oktober 2012. Penyelenggaraan MotoGP di sirkuit ini pertama kali digelar pada tahun 2013.

Sirkuit Amerika merupakan sirkuit dengan lintasan yang paling bervariasi memiliki 20 tikungan (11 kiri, 9 kanan) dengan perpaduan lintasan lurus cepat dengan panjang 1,2 km yang merupakan salah satu lintasan lurus paling panjang di gelaran MotoGP, serta tikungan hairpin yang sempit.

Sirkuit ini juga mengadopsi beberapa bagian dari beberapa sirkuit terkenal di seluruh dunia. Sirkuit yang tergolong baru ini menyulitkan para pembalap karena belum begitu cukup mengenal karakternya. Butuh keahlian tinggi pembalap untuk berlaga di sini.

Karakter sirkuit ini tergolong sirkuit yang cepat serta pengereman keras, dengan hairpins dan chicanes yang bisa mengecoh para pembalap, serta perubahan ketinggian trek total mencapai 41meter, di mana perubahan ketinggian paling besar berada setelah jalur start/finis.

Keberadaan tajakan yang dilanjutkan dengan tikungan patah ke kiri sering menimbulkan masalah pada awal balapan, dan karenanya pemilik pole position akan punya keuntungan besar. Pembalap yang dinilai cocok dengan Sirkuit The Americas adalah Marc Marquez yang mempunyai gaya agresif. Hal ini terbukti dengan raihan Marc Marquez yang menyapu bersih gelar juara dari 2013 sampai 2018 secara berturut-turut.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral