Witan Gemilang, Indonesia sikat Taiwan.
Sumber :
  • pssi.org

Witan Gemilang, Indonesia sikat Taiwan

Senin, 11 Oktober 2021 - 22:58 WIB

Jakarta - Kesebelasan Indonesia akhirnya berhasil melewati babak playoff Piala Asia 2023 dengan baik, usai melumat taiwan dengan agregat 5-1.

Pertemuan kedua antara Indonesia versus Taiwan masih berlangsung di Buriram, Thailand, senin malam ( 11/10 ). Pelatih kepala Indonesia, Shin Tae-yong kali ini menurunkan sejumah pemain yang sama sekali berbeda. Dedik Setiawan yang berasal dari Arema FC, menggantikan Kushedya Hari Yudodo posisi striker. Adam Alis menggantikan Ramai Rumakiek di posisi gelandang serang dan Ryuji Utomo menjalani peran yang ditinggal Fachruddin, sementara Egy Maulana Vikri dimainkan sejak menit pertama .

Perjudian pelatih asal Korea Selatan ini nyatanya tak buruk, bahkan pasukan Merah Putih mampu mendominasi penguasaan bola. Usaha tak kenal lelah  membuahkan hasil di pertengahan babak pertama, Egy Maulana Vikri melepaskan bola ke tiang jauh, Dedik Setiawan berusaha untuk menyambutnya namun terlepas. Gerakan Dedik ternyata mengacaukan konsentrasi kiper Shih Shin-An, Indonesia memimpin 1-0.

Gelombang serangan Indonesia makin deras, dalam sebuah kesempatan Ricky Kambuaya mendapat ruang tembak yang sempurna tapi kiper lawan mampu membaca arah bola dengan baik. Skor 1-0 untuk Pasukan garuda tak berubah hingga turun minum.

Di babak kedua, pemain asal Lechia Gdansk, Witan Sulaeman masuk ke lapangan untuk menggantika Adam Alis. Keputusan ini membuat serangan Indonesia makin berbahaya, dua sayap yang tajam ditambah keberanian Ricky Kambuaya menyayat lini pertahanan lawan membuat Taiwan kelabakan. Pada menit ke 55, Ricky mendapat ruang di kotak penalti lawan. Dengan kaki kirinya, gelandang serang Persebaya itu menghujamkan bola ke gawang Taiwan, 2-0 untuk Sang Garuda.

Unggul agregat 4-1 tak membuat Evan Dimas cs mengendurkan serangan, tapi Taiwan sendiri tak juga melemah. Mereka semakin berani mengirimkan ancaman ke pertahanan ke gawang M Riyandi, untung saja duet Ryuji dan Igbonefo bermain tenang ditambah dengan permainan solid yang ditunjukkan Asnawi Mangkualam serta Pratama Arhan.

Indonesia akhirnya berhasil menambahkan satu gol lagi jelang laga usai, sebuah umpan terobosan berhasil dikejar Witan Sulaeman. Berkat pengalaman dan ketenangan, Witan merobek gawang Taiwan dengan dingin, Indonesia unggul 3-0.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:10
05:46
01:09
15:57
07:09
02:26
Viral