Keluarga Tarung Derajat Sumut..
Sumber :
  • Tim tvOne/Tim tvOne

Tanding 21 Kelas, Keluarga Tarung Derajat Sumut Siap Gemparkan PON 2024

Kamis, 27 Juli 2023 - 18:21 WIB

Medan, tvOnenews.com - Pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2021 lalu, atlet cabang olahraga tarung derajat membuat kejutan dengan merebut 1 medali emas dan 1 perak. Kini Pengurus Provinsi (Pengprov) Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Sumatera Utara, bersiap menghadirkan prestasi yang tak kalah gemilang di PON XXI Aceh - Sumatera Utara 2024 mendatang.

Hal itu dikatakan Ketua Umum Pengprov Kodrat Sumut, Tasimin, di Posko Publikasi PON 2024 di kantor Dispora Sumatera Utara, Rabu (26/7/2023).

"Prestasi kita pada PON XX di Papua 2021 lalu, melebihi target dengan meraih 1 perak dan 1 emas, hal ini menambah semangat kami meraih prestasi lainnya. Untuk itu, setelah kejurnas di Bandung, langsung mengusulkan nama untuk pelatda. Kemudian berdasar hasil Porprov November dan hasil kejurnas, kami mengajukan nama untuk pelatda jangka panjang PON," jelas Tasimin yang hadir bersama pelatih tarung derajat, Hizrah Saputra Harahap.

Ada 21 kelas yang nantinya dipertandingkan di PON 2024. Yakni 9 kelas petarung putra, 5 kelas petarung putri dan sisanya seni gerak putra dan putri beregu. "Sebelumnya disetujui 19 atlet, tapi kita akan mengikuti full kelas. Jadi mulai Juni 2023 lalu tes fisik kita tambah lagi untuk melengkapi kuota. Alhamdulillah, Sudah disetujui KONI Sumut," urainya.

Saat ini para atlet ditempah di Kawah Derajat yang dibangun dengan swadaya di Kecamatan Medan Marelan. Dengan fasilitas outdoor dan indoor dan kolam renang. Selain itu, Tasimin berharap bisa menghadirkan pelatih dari luar Sumut serta tidak harus dari luar negeri. 

"Dari dalam saja. Di periode kedua saya ini, target kita minimal juara 3 umum nasional. Kita insya Allah berjuang minimal 3 emas, 3 perak dan 5 perunggu, itu minimal. Kita sudah melakukan analisis SWOT serta sudah kita petakan kekuatan dan kelemahan lawan," ucapnya.

Tasimin juga berharap KONI Sumut bisa memfasilitasi untuk try out ke luar daerah. Baik untuk kelas petarung maupun seni gerak peta kekuatannya di daerah berbeda.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral