Waterfront Pangururan, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatra Utara, tempat pelaksanaan event Aquabike Jetski World Championship 2023..
Sumber :
  • Tim tvOne/Daud Sitohang

Race Solu Bolon dan Jetski Kategori Endurance Digelar Hari Ini di Waterfront Pangururan Samosir

Jumat, 24 November 2023 - 11:44 WIB

Samosir, tvOnenews.com - Balap Solu Bolon atau perahu besar Batak di Danau Toba terbesar bakal digelar  hari ini di Waterfront Pangururan, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara, Jumat ( 24/11/23), sebagai bagian dari Pesta Rakyat terbesar di kawasan itu juga merupakan side event Aquabike Jetski World Championship 2023.

“Solu Bolon yang merupakan tradisi masyarakat Sumatera Utara dihadirkan sebagai daya tarik pengunjung Pesta Rakyat Danau Toba. Kami berharap warga dapat menikmati pertunjukan musik dan juga kemeriahan kompetisi Solu Bolon,” ujar Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, Maya Watono.

Solu Bolon merupakan alat transportasi penghubung antar-kampung di sekitar Danau Toba dan menjadi salah satu tradisi dari Sumatera Utara yang dulunya hanya dimiliki oleh orang-orang besar dengan status sebagai raja dan memiliki pengaruh besar terhadap masyarakat di sebuah desa di kawasan Danau Toba.

Direktur Injourney mengatakan, kompetisi Solu Bolon merupakan hasil kolaborasi antara InJourney dengan Pemerintah Daerah (Pemda) yang terdiri atas Pemerintah Sumatera Utara dan empat pemerintah kabupaten, yakni Dairi, Samosir, Toba, dan Karo.

Tim dari delapan kabupaten tercatat akan berpartisipasi di kompetisi yang memperebutkan hadiah total senilai Rp250 juta itu. Pemenang kompetisi tersebut selanjutnya akan mengikuti pertandingan persahabatan dengan tim dari selebritas.

“Dengan demikian, Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba menjadi lebih istimewa karena adanya side event yang menampilkan berbagai pertunjukan seni dan budaya yang mengusung kearifan lokal,” imbuhnya.

Sekedar informasi, Pesta Rakyat hari pertama diselenggarakan di Karo dan hari kedua di Dairi. Pesta ini berlangsung meriah dan dikunjungi oleh ribuan warga dan wisatawan baik lokal maupun asing.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral