Restaurant & Cafe khas Indonesia yang jadi sasaran wartawan di SEA Games 2021..
Sumber :
  • tvOne

Cerita Seru dari SEA Games 2021: Berburu Makanan Halal di Vietnam

Senin, 23 Mei 2022 - 11:22 WIB

Hanoi, Vietnam – Bagaimana mencari makanan halal di Vietnam? Bagi banyak wartawan Indonesia, khususnya jurnalis Muslim, urusan mengisi perut menjadi tantangan tersendiri, selain meliput perjuangan kontingen Merah-Putih mengumpulkan medali selama perhelatan SEA Games 2021 Hanoi.

Pesta olahraga Asia Tenggara ke-31 berlangsung lancar di Hanoi, ibukota Vietnam. Namun SEA Games 2021 memberi pengalaman lain pula bagi pengunjung dari negara-negara kawasan ASEAN yang berpenduduk mayoritas beragama Islam, seperti Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam dan Singapura.  

Termasuk persoalan menantang ialah beradaptasi dengan kuliner di Hanoi dan beberapa kota lain yang ikut menjadi penyelenggara SEA Games 2021. Masalahnya ialah karena sebagian besar makanan di Vietnam menggunakan bahan dasar yang non-halal, seperti daging babi yang haram bagi Muslim.

Tapi tak ada masalah tanpa solusi. Ya, ternyata ada restoran khusus di Hanoi yang menyajikan makanan halal. Namanya “Batavia Restaurant & Café”. Mudah untuk menebak, restoran ini milik pasangan suami istri asal Batavia alias Jakarta, Indonesia, Azhar Rizal dan Hera, yang sudah lama tinggal di Vietnam.

“Batavia Restaurant & Café” menyajikan kuliner halal dengan menu makanan khas Indonesia. Wajar bila selama penyelenggaraan SEA Games 2021 di Hanoi, restoran ini selalu penuh oleh pembeli dari berbagai negara dari kawasan Nusantara, seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam.

Azhar Rizal, pemilik “Batavia Restaurant & Café”, yang juga bekerja sebagai staf lokal KBRI di Hanoi, mengaku, restorannya bahkan harus menyediakan dua lantai untuk menampung permintaan pembeli.

"Selama SEA Games, kami menerima sangat banyak pengunjung. Sehari-hari biasanya kami buka hanya satu lantai. Tapi selama SEA Games, kami harus sediakan dua lantai tempat makan agar mencukupi pengunjung yang datang," ucap Azhar bersyukur.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral