Leclerc bungkam suporter Verstappen dengan kemenangan di GP Austria.
Sumber :
  • (ANTARA/REUTERS/LEONHARD FOEGER)

Pebalap Ferrari Charles Leclerc Juara F1 GP Austria

Minggu, 10 Juli 2022 - 22:40 WIB

Jakarta - Pebalap Ferrari Charles Leclerc mencuri kemenangan di kandang tim Red Bull setelah mengalahkan Max Verstappen pada balapan Formula 1 Grand Prix Austria pada Minggu (10/7/2022).

Tak ada selebrasi bagi puluhan ribu pendukung sang pebalap Belanda yang mengenakan atribut oranye saat Leclerc menyelesaikan balapan sepanjang 71 putaran di Sirkuit Red Bull Ring itu 1,532 detik di depan Verstappen yang harus puas finis kedua.

Lewis Hamilton, 41 detik berselang, finis ketiga untuk mempersembahkan podium kepada Mercedes, di saat rekan satu timnya, George Russell finis satu posisi di belakangnya. Esteban Ocon melengkapi posisi lima besar untuk tim Alpine.

"Balapan yang sangat baik, kecepatannya terlihat sejak awal, kami menjalani pertarungan yang hebat dengan Max, dan pada akhirnya sangat sulit," kata Leclerc setelah merebut kemenangan ketiganya musim ini seperti dikutip laman resmi F1.

"Saya mengalami masalah dengan pedal gas, jadi ini sangat sulit.... Saya sangat membutuhkan (kemenangan) ini, lima balapan sebelumnya sangatlah berat tidak hanya bagi saya tapi bagi tim," kata Leclerc yang dua kali gagal finis di enam balapan terakhir.

Ditambah poin kemenangan di sprint race Sabtu (9/7/2022) lalu dan lap tercepat hari ini, Verstappen bertahan di puncak klasemen dengan koleksi 208 poin sedangkan Leclerc naik ke peringkat dua dengan selisih 38 poin. Perez tergeser ke peringkat tiga (151) dan Sainz bertahan di peringkat empat (133) setelah 11 balapan.

Setelah start dari P2, Leclerc berupaya mempertahankan jaraknya dalam rentang satu detik di belakang polesitter Verstappen, dan pada lap ke-10 memulai sejumlah serangan kepada sang pebalap Red Bull.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral