Marques Bolden (kanan) dan Derrick Michael optimistis sambut Piala Asia FIBA..
Sumber :
  • antarafoto

Piala Asia FIBA 2022, Tim Bolabasket Indonesia Siap Tampil dengan Pelatih Baru

Selasa, 12 Juli 2022 - 12:55 WIB

Jakarta – Piala Asia FIBA mengenal tradisi pertandingan pembuka dengan kemenangan bagi tuan rumah. Bagaimana peluang tim Indonesia yang akan tampil dengan pelatih baru?
Tim nasional bolabasket Indonesia sudah membuat kejutan sebelum tampil di Piala Asia FIBA 2022. Saat berusaha menjaga tradisi tuan rumah memenangi laga pembukanya dan menjaga peluang tampil di Piala Dunia FIBA 2023, Persatuan Bolabasket Seluruh Indonesia (Perbasi) justru melakukan perubahan.
Hanya satu hari sebelum Piala FIBA Asia 2022 bergulir, Pengurus Pusat (PP) Perbasi mengumumkan, Rajko Toroman tidak akan melanjutkan tugas sebagai pelatih kepala tim nasional Indonesia. Pria Serbia tidak akan meneruskan mengejar target untuk mengantar Indonesia tampil di Piala Dunia FIBA 2023.

Perbasi juga mengumumkan pengganti Toroman, yakni Milos Pejic, yang telah bertindak sebagai pelatih pada SEA Games 2021 di Vietnam, Mei 2022, sewaktu Rajko Toroman bertugas menjadi Direktur Teknik.

Manajer timnas bola basket putra Indonesia, Jeremy Santoso, memastikan bahwa meski mendadak, keputusan menyerahkan tongkat estafet dari Toroman ke Pejic sudah masuk dalam pertimbangan Badan Tim Nasional PP Perbasi sejak lama.

Bekal SEA Games 2021
Pembicaraan berdasarkan keberhasilan Indonesia menciptakan sejarah dengan menyabet medali emas SEA Games 2021. Sukses di Hanoi, Vietnam, merupakan yang pertama dari cabang olahraga bola basket Kontingen Garuda sejak ambil bagian di pesta olahraga Asia Tenggara.

Perbasi juga meyakini, Milos Pejic dan Rajko Toroman memiliki karakter kepelatihan yang sama. Toroman mulai bekerja pada pertengahan 2021 dengan target lolos ke Piala Dunia FIBA 2023. Pejic sudah membuahkan hasil ketika bertugas sebagai pelatih kepala di SEA Games 2021.

"Kita melihat ada kesamaan sistem cara melatih di antara Coach Milos dan Coach Toro. Coach Milos ini muridnya Coach Toro. Keputusan ini tidak akan mengubah sistem kami. Ini akan jadi tantangan sekaligus angin segar untuk tim kami,” ujar Jeremy Santoso.

Dengan Pejic resmi menjabat sebagai pelatih, tim nasional bolabasket Indonesia siap menghadapi Arab Saudi pada Selasa (12/07/2022) petang pada pertandingan pembuka Piala Asia FIBA 2022. Derrick Michael dkk mengejar target untuk menjaga tradisi tuan rumah menang pada partai pertama. (ant/raw)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:04
01:41
01:18
01:54
01:26
01:52
Viral