Zaki Zulkarnain sapu bersih lima medali emas pada debutnya di APG..
Sumber :
  • antara

Berani, Meski Dehidrasi, Zaki Sapu Bersih Medali Emas Renang APG

Jumat, 5 Agustus 2022 - 16:57 WIB

Semarang, Jawa Tengah – Perjuangan atlet merebut medali emas APG 2022 tidak bergulir mudah. Bahkan perenang Zaki Zulkarnain mengalami dehidrasi saat berusaha melakukan sapu bersih.
Zaki Zulkarnain berhasil menyamai pencapaian dua rekannya di tim para-renang ASEAN Para Games (APG) 2022. Seperti Jendi Pangabean dan Maulana Rifky Yavianda, Zaki mampu melakukan aksi sapu bersih dengan merebut semua medali emas pada lima nomor pertandingan.
Perjuangan Zaki di pentas APG tidak berlangsung gampang pada Jumat (05/08/2022). Ia mengalami dehidrasi karena cuaca panas di sekitar gelanggang renang outdoor di Kompleks Stadion Jatidiri, Semarang, Jawa Tengah.

"Tadi sempat dehidrasi. Terus tadi call room ke tempat tanding agak jauh, harus berjalan memutar area. Saya harus sering minum karena cuaca panas," kata Zaki, seusai pengalungan medali.

Pecahkan Dua Rekor
Pada nomor pamungkas, yakni 50 meter gaya bebas putra S8, Zaki kembali membuktikan kehebatannya dengan meraih medali emas. Bahkan ia memecahkan rekor dengan catatan waktu 28,29 detik, melampaui catatan perenang Singapura Toh Wei Soong dengan 30,27 detik.

Dengan tambahan nomor 50 meter gaya bebas putra S8, Zaki meraup lima medali emas. Ia memenangi nomor 200 meter gaya ganti perorangan putra SM8, 100 meter gaya bebas putra S8, dua nomor beregu dari estafet 4x100 meter gaya ganti putra 34 point dan 4x100 meter gaya bebas putra 34 point.

Sesuai dengan peraturan, setiap atlet para-renang hanya boleh tanding maksimal pada tiga nomor perorangan dan dua nomor beregu. Dan Zaki sangat bersyukur pada debutnya di tingkat Asia Tenggara bisa menorehkan prestasi, sekaligus memenuhi target lima medali emas.

"Alhamdulillah, bersyukur sekali. Kita ‘kan udah dua tahun nunggu event ini. Akhirnya bisa mendapatkan lima medali emas," kata Zaki Zulkarnain. "Semua keringat, sakit yang saya derita, capek di latihan, Alhamdulillah terbalaskan. Capek 10 bulan langsung hilang."

Atlet asal Riau tidak hanya memecahkan satu rekor. Pada APG 2022, Zaki Zulkarnain juga memegang rekor nomor 200 meter gaya ganti perorangan putra SM8 saat tanding di Semarang. (ant/raw)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral