Para pembalap jelang ajang Sukun Tour De Muria 2022..
Sumber :
  • Tim tvOne - Galih Manunggal

Taklukkan Rute Sejauh 157 Km, 600 Pembalap Sepeda akan Ramaikan Sukun Tour De Muria 2022

Rabu, 24 Agustus 2022 - 21:30 WIB

Kudus, Jawa Tengah  - Sebanyak 600 Pembalap dari bakal meramaikan ajang balap sepeda bertajuk 'Sukun Tour De Muria 2022'. Event yang akan diikuti ratusan pesepeda dari seluruh daerah di penjuru Indonesia ini  rencananya digelar pada 11 September 2022 mendatang.

Gelaran Sukun Tour De Muria ini para pembalap sepeda akan menempuh rute sejauh 157 kilometer mengelilingi Pegunungan Muria yang berada di Kabupaten Kudus, Kabupaten Jepara dan Kabupaten Pati. Ajang tersebut akan menjadi sport tourism yang memperkenalkan segala potensi lokal yang ada di tiga daerah yang dilalui.

Ketua Panitia Sukun Tour De Muria 2022 Hendra Dharmanto mengatakan, even Sukun Tour De Muria 2022 ini bukanlah even biasa. Melainkan, sekaligus menjadi ajang promosi memperkenalkan segala potensi lokal yang ada di tiga daerah, yakni Kabupaten Kudus, Kabupaten Jepara, dan Kabupaten Pati.

"Target peserta 600 di even Nasional ini, sudah terpenuhi. Dan mereka dari berbagai penjuru daerah di Indonesia," katanya Rabu (24/8/2022).

Selain itu, ketiga Kabupaten tersebut juga akan menampilkan potensi lokal yang dimiliki di ajang Pekan UMKM yang akan digelar mulai 10-11 September 2022.

"Jadi bukan hanya dilewati saja, sebelum even contohnya di daerah Japan Kudus sudah kami beritahukan untuk memanen jeruk pamelo. Kemudian, di Pati para pesepeda juga akan beristirahat di Kantor Bupati Pati dengan makan Nasi Gandul disana," imbuhnya.

Menurut pihak penyelenggara Deka Hendratmanto, Even ini bukan merupakan even murni berkonsep olahraga. Melainkan, even yang berkonsep sport tourism untuk memperkenalkan potensi lokal yang ada di tiga Kabupaten yang ada di wilayah lereng Gunung Muria.

"Ini bukan sport murni, tapi sport tourism, sehingga kami memadukan even sepeda ini dengan mengangkat potensi lokal melalui Pekan UMKM yang digelar mulai sehari sebelum even sepeda di mulai. Selain itu, melalui jersey dry fit yang kami bagikan ke seluruh peserta akan ada sejumlah potensi lokal tiga kabupaten. Mulai dari icon, kuliner, kesenian, hingga potensi lokal lain," pungkasnya. 

Panitia penyelenggara menyediakan hadiah total Rp 75 juta bagi para juara. diharapkan even tersebut berjalan lancar dan bisa menjadi agenda rutin tahunan. (Gml/Buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral