Sosok Komentator Gillian Clark.
Sumber :
  • BWF

Gillian Clark, Komentator Bulu Tangkis yang Sering Memacu Adrenalin Penonton

Selasa, 17 Mei 2022 - 18:30 WIB

Para pencinta bulu tangkis pasti sering mendengar suara seorang komentator berbahasa Inggris yang muncul hampir di setiap pertandingan bulu tangkis. Sosok ini mulai dikenal oleh pencinta bulu tangkis Indonesia di ajang Olimpiade Tokyo 2020 lalu. Hingga kemudian, saat final Thomas Cup Indonesia melawan India antara Jonatan Christie dan Srikanth Kidambi lalu, suaranya kembali terdengar sebagai komentator.

Gillan Clark atau sering disapa Oma Gill, seorang komentator yang sering melontarkan jargonnya, yaitu ‘what a rally’, ‘I don’t believe it’, ‘Oh my goodness’ yang membuat penonton semakin tegang saat menyaksikan pertandingan, khususnya saat tim Indonesia yang berlaga.

Perempuan asal Inggris ini ternyata dahulu merupakan pemain bulu tangkis dengan speasialisasi formasi ganda. Banyak prestasi yang berhasil ia torehkan ketika masih menjadi bagian dari Timnas Inggris.
 
Menurut laman Wikipedia, Oma Gill sempat memenangkan medali perunggu untuk kategori ganda putri IBF World Championships di Copenhagen, Denmark pada tahun 1983 dan medali perunggu ganda campuran IBF World Championships di Birmingham, Inggris pada tahun 1993. Selain itu, Oma Gill juga pernah bertanding di Indonesia dan meraih medali Perak untuk kategori ganda campuran pada ajang Badminton World Cup di Jakarta pada tahun 1986.
 
Setelah ia menggantungkan raket bulu tangkisnya, ia memutuskan untuk menjadi komentator pertandingan bulu tangkis. Dikutip dari kanal Youtube BWF, Oma Gill menceritakan pengalamannya sebagai seorang komentator kepada Badminton World Federation (BWF).

Ia mengatakan bahwa pengetahuan tentang pertandingan dan atlet yang sedang berlaga sangat penting untuknya menganalisis pertandingan, sekaligus menyampaikan rasa empatinya terhadap para atlet.
 
“Jelas, pengetahuan mengenai olahraga itu sangatlah penting untuk memberi informasi tentang statistik dari atlet dan sangat membantu untuk memberikan empati kepada para atlet, juga membantu menganalisis taktik.”

Ia juga menambahkan bahwa seorang komentator harus mampu menggambarkan pertandingan sebaik mungkin agar penonton dapat memahami apa yang terjadi di lapangan.

“Komentator tidak hanya mendeskripsikan, namun juga menggambarkan apa yang sedang terjadi di lapangan karena penonton tidak bisa menyaksikan secara langsung.” (Kmr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral