Formula 1 terapkan kewajiban baju balap yang tahan api..
Sumber :
  • formula 1

Mengenal Baju Pebalap Formula 1 yang Tahan Api, Apa Rahasianya?

Rabu, 22 Juni 2022 - 21:47 WIB

Jakarta – Balap mobil bergengsi, Formula 1, menerapkan aturan sangat ketat soal keamanan. Termasuk aspek penting ialah baju seragam pebalap dan kru yang harus tahan api.

Di arena balap mobil, khususnya Formula 1, baju balap memegang peran penting dalam keselamatan pebalap. Saat ini baju balap pebalap F1 sudah mengandung material dan perangkat-perangkat yang canggih, terutama dari sisi keselamatan.

Sejak 1975, FIA sudah mengisyaratkan bahwa baju balap Formula 1 harus tahan api sehingga dapat memberikan perlindungan yang kuat saat terjadi kebakaran di mobil.

Setiap produsen baju balap pun merasa tertantang karena harus bisa membuat baju balap dengan spesifikasi sama persis seperti pakaian astronot. Faktor terpenting adalah material yang digunakan, yakni Nomex.

Nomex adalah material yang tahan api dan merupakan serat ringan yang sudah mengalami pengujian termal di laboratorium. Baju balap dengan bahan Nomex mampu menahan api dengan suhu 400 derajat Celcius sampai 800 derajat Celcius.

Baju para pebalap dan kru pit memiliki manset elastis pada pergelangan tangan dan kaki yang terbuat dari dua hingga empat lapisan Nomex. Satu baju balap harus melewati 15 kali pencucian dan 15 kali dry cleaning sebelum akhirnya menjalani uji termal mulai 600 derajat Celcius hingga 800 derajat Celcius.

Bukan hanya bagian luar baju, bagian dalamnya pun mendapat perhatian penting. Bagian dalam seragam balap tidak boleh lebih dari 41 derajat Celcius, setidaknya dalam 11 detik.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral