Tutup Menu
LIVESTREAM
Artikel
Honda eVTOL, pesawat ringan yang bisa lepas landas dan mendarat secara vertikal untuk solusi lalu lintas antarkota.
Sumber :
  • ANTARA/Honda

Berambisi Seperti SpaceX, Honda Kembangkan Roket Kecil

Jumat, 1 Oktober 2021 - 09:48 WIB

Jakarta - Bukan hanya SpaceX, Honda juga punya ambisi untuk bisa mengeksplorasi dunia luar angkasa termasuk Bulan dengan mengembangkan roket kecil dan kemungkinan untuk membangun sistem energi di sana.

Dalam pernyataan terbarunya, Honda Motor memperkenalkan arah pengembangan teknologi yang sedang dikejar perusahaan untuk menghadapi tantangan yang dihadapi Honda di area baru sambil memanfaatkan teknologi intinya.

Sambil memperkuat bisnis yang ada sebagai fondasi perusahaan, Honda berkomitmen penuh untuk berkontribusi dalam mewujudkan masyarakat tanpa dampak lingkungan dan tanpa tabrakan lalu lintas dan juga inisiatif baru yang memungkinkan Honda menghadapi tantangan di area baru.

Selain penelitian tentang teknologi lingkungan dan keselamatan yang canggih, Honda R&D yang mengambil peran utama dalam penelitian dan pengembangan teknologi, sedang meneliti dengan memperluas potensi mobilitas ke dimensi 3, kemudian dimensi 4 yang menentang batasan ruang dan waktu, dan akhirnya ke luar angkasa.

Area baru yang akan ditekuni Honda ini termasuk pesawat lepas landas dan pendaratan vertikal listrik, robot avatar dengan tujuan untuk memperluas jangkauan kemampuan manusia dan tantangan baru di bidang luar angkasa, kata Honda dalam pernyataan resmi, dikutip Jumat.

Dalam mengembangkan mobilitas tanpa kemacetan, Honda mengembangkan pesawat eVTOL yang bisa lepas landas dan mendarat secara vertikal. Dan, kendaraan terbang ini ditenagai oleh motor listrik, ramah lingkungan dan mudah diakses orang-orang.

​Pengadopsian unit tenaga hybrid memungkinkan perluasan jangkauan, yang memungkinkan Honda eVTOL menyediakan transportasi antar kota (city-to-city), di mana ukuran pasar diperkirakan akan tumbuh di masa depan.

Untuk membuat mobilitas di langit yang diwujudkan Honda dengan HondaJet aslinya lebih mudah diakses oleh lebih banyak orang, Honda mengembangkan pesawat eVTOL (electric Vertical Take-off and Landing) dengan memanfaatkan berbagai teknologi inti Honda.

Selain operasi bersih yang diwujudkan oleh teknologi elektrifikasi, eVTOL memiliki fitur keselamatan pada tingkat yang setara dengan pesawat penumpang komersial yang diwujudkan dengan strukturnya yang sederhana dan sistem propulsi terdesentralisasi serta ketenangan karena diameter rotor yang relatif kecil.

Hal ini memungkinkan eVTOL untuk lepas landas dan mendarat di tengah kota tanpa menimbulkan masalah kebisingan. Karena fitur-fitur tersebut, perlombaan pengembangan pesawat eVTOL semakin gencar. Namun, pesawat eVTOL all-electric menghadapi masalah jangkauan karena kapasitas baterai yang terbatas, oleh karena itu area penggunaan yang realistis terbatas untuk transportasi dalam kota (dalam kota).

Untuk mengatasi masalah ini dan mewujudkan transportasi antarkota yang ramah pengguna dengan jangkauan yang lebih jauh, Honda akan memanfaatkan teknologi elektrifikasinya dan mengembangkan Honda eVTOL yang dilengkapi dengan unit tenaga hibrida turbin gas.

Selain itu, selain teknologi elektrifikasi, Honda eVTOL akan menampilkan teknologi yang telah dikumpulkan Honda di sejumlah bidang berbeda seperti teknologi pembakaran, aerodinamika, dan kontrol.

Honda akan berusaha untuk menciptakan nilai baru bagi masyarakat dengan membangun "ekosistem mobilitas" yang menampilkan pesawat eVTOL sebagai intinya, terkoordinasi dan terintegrasi dengan mobilitas di lapangan.

Tantangan bidang luar angkasa

Honda juga tengah mempercepat penelitian di bidang teknologi luar angkasa dan berkeinginan membangun sistem energi terbarukan sirkulatif di permukaan Bulan dengan memanfaatkan teknologi sel bahan bakar Honda dan teknologi elektrolisis air tekanan diferensial tinggi.

Honda akan melibatkan robot dengan tangan multi-jari Honda, fungsi remote control yang didukung AI, dan teknologi kontrol torsi yang sangat responsif ke robot yang dikendalikan dari jarak jauh yang akan melakukan tugas di permukaan Bulan.

Honda memandang bidang teknologi luar angkasa sebagai tempat untuk menghadapi tantangan baru untuk mewujudkan "mimpi" dan "potensi" orang-orang di seluruh dunia sambil memanfaatkan teknologi intinya.

Dengan memanfaatkan teknologi inti yang unik untuk Honda, seperti teknologi pembakaran, panduan, sel bahan bakar dan robotika, Honda mengejar pengembangan teknologi dengan tujuan untuk menciptakan nilai baru di lingkungan luar angkasa.

Karena momentum internasional untuk memperluas jangkauan aktivitas manusia di luar Bumi terus berkembang, Honda memulai inisiatif untuk mengupayakan perluasan aktivitas dan pengembangan manusia di permukaan Bulan.

Dikatakan bahwa ada air di Bulan, dan berbagai kemungkinan penggunaan air dapat menarik perhatian. Honda sedang melakukan penelitian bersama dengan Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) dengan tujuan untuk membangun sistem energi terbarukan di sana.

Dengan menggabungkan teknologi sel bahan bakar Honda dan teknologi elektrolisis air tekanan diferensial tinggi, dan dengan menggunakan listrik dari sumber energi terbarukan, sistem ini secara elektrik menguraikan air dan menyimpan hidrogen dan oksigen.

Kemudian, menggunakan hidrogen dan oksigen itu, teknologi sel bahan bakar Honda, dapat menghasilkan dan memasok listrik. Oksigen juga dapat digunakan untuk orang-orang yang tinggal di tempat tinggal di permukaan Bulan, dan hidrogen juga akan digunakan sebagai bahan bakar roket

Pengembangan roket kecil

Honda juga sedang mengerjakan pengembangan roket kecil. Pengembangan roket ini diprakarsai oleh proposal yang dibuat oleh para insinyur muda Honda yang ingin membangun roket kecil dengan memanfaatkan teknologi inti, seperti teknologi pembakaran dan kontrol, yang telah dikumpulkan Honda melalui pengembangan berbagai produk.

Satelit buatan sangat diperlukan untuk berbagai tujuan termasuk pengamatan lingkungan global, seperti pemanasan global dan kondisi cuaca yang tidak normal dan juga untuk memungkinkan komunikasi area luas, yang merupakan sarana efektif untuk menyediakan konektivitas ke produk mobilitas.

Namun, saat ini, tidak ada cukup roket yang tersedia untuk memenuhi permintaan peluncuran satelit. Untuk mengatasi masalah ini, Honda sedang mengembangkan roket kecil dengan tujuan untuk menggunakannya sebagai kendaraan peluncuran untuk satelit orbit rendah bumi kecil.

Apalagi, Honda sedang melakukan penelitian dengan asumsi membuat roketnya “dapat digunakan kembali” dengan memungkinkan setidaknya beberapa komponen roket mendarat kembali di bumi setelah peluncuran.

Untuk tantangan ini, Honda akan berusaha untuk memanfaatkan teknologi kontrol dan panduan yang telah dikumpulkan Honda melalui pengembangan teknologi mengemudi otomatis.

Dengan langkah Honda dan beberapa kelompok kongklomerat dunia yang berambisi mengeksploitasi luar angkasa dengan pengambangan kendaraan-kendaraan luar angkasa semakin menggambarkan bahwa perkembangan serta persaingan bisnis atau kepentingan luar angkasa bakal kian terasa di masa mendatang.(ant/rif)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
Jangan Lewatkan
Personil Polres Pemalang Sholat Gaib dan Sisihkan Rejeki untuk Korban Semeru

Personil Polres Pemalang Sholat Gaib dan Sisihkan Rejeki untuk Korban Semeru

Jajaran Polres Pemalang Jawa Tengah melaksanakan sholat gaib dan menyalurkan bantuan sosial untuk para korban bencana alam erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur. 
Meski PPKM Level 3 Batal, Kota Semarang Tetap Lakukan Pengetatan saat Nataru

Meski PPKM Level 3 Batal, Kota Semarang Tetap Lakukan Pengetatan saat Nataru

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menegaskan pihaknya tetap memberlakukan pembatasan dan pengetatan berbagai kegiatan kemasyarakatan saat Natal dan tahun baru
Museum Rumah Adat Nan Baanjuang Memiliki 600 Koleksi Sejarah Bukittinggi

Museum Rumah Adat Nan Baanjuang Memiliki 600 Koleksi Sejarah Bukittinggi

Museum Rumah Adat Nan Baanjuang yang terletak di lokasi Taman Marga Satwa Kinantan Bukittinggi (TMSBK) Kota Bukittinggi, memiliki 600 macam benda koleksi sejarah.
Berikut Isi Lengkap Wawancara Eksklusif tvOne dengan Siskaeee

Berikut Isi Lengkap Wawancara Eksklusif tvOne dengan Siskaeee

"Saya sebenarnya tidak tahu, bahwa video yang saya unggah di situs tertentu itu heboh dan viral," ujar Siskaeee kepada tim tvOne, Rabu (8/12/2021).
Sabu Seberat 1,3 Kg Dimusnahkan BNN Sulbar Dengan Cara di Rebus

Sabu Seberat 1,3 Kg Dimusnahkan BNN Sulbar Dengan Cara di Rebus

Narkoba jenis Sabu seberat 1,3 Kg hasil sitaan dari pihak BNN Sukbar dengan Polda Sulbar, Rabu (8/12/2021) dimusnahkan dengan cara di rebus di dalam panci
Vaksinasinya Ketinggalan, Ganjar: Brebes Tegal Pemalang Harus Genjot Habis-habisan

Vaksinasinya Ketinggalan, Ganjar: Brebes Tegal Pemalang Harus Genjot Habis-habisan

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta tiga daerah di Jawa Tengah yang tingkat ketercapaian vaksin belum 70% untuk mengakselerasi pelaksanaan vaksinasi.
Trending
WN Arab Saudi yang Siram Istri dengan Air Keras di Cianjur Ungkap Alasan di Balik Pembunuhan Berencana Sarah

WN Arab Saudi yang Siram Istri dengan Air Keras di Cianjur Ungkap Alasan di Balik Pembunuhan Berencana Sarah

Abdul Latif (48) mengungkapkan alasan di balik pembunuhan berencana yang dia lakukan kepada istri sirinya, Sarah (21)
Karyawati Minimarket di Takalar Dibegal, Pelaku Ambil Tas dan Dua HP setelah Tusuk Perut Korban

Karyawati Minimarket di Takalar Dibegal, Pelaku Ambil Tas dan Dua HP setelah Tusuk Perut Korban

Korban Febrianti S (21) kini dirawat intensif di RS Hadji Padjonga Daeng Ngalle akibat luka serius di bagian perutnya, Rabu (8/12/2021).
Beredar Video Panas Durasi 32 Detik Mirip Selebgram Asal Sampit

Beredar Video Panas Durasi 32 Detik Mirip Selebgram Asal Sampit

Wajah selebgram yang cantik dan berkulit putih mulus itu cukup familiar di mata warga Kotim, yang sering berselancar di dunia maya.
Omicron Masuk Indonesia, Empat Orang Terpapar. Wagub DKI Masih Cek Kebenarannya

Omicron Masuk Indonesia, Empat Orang Terpapar. Wagub DKI Masih Cek Kebenarannya

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria akan mengecek kebenaran mengenai informasi empat warga Jakarta terpapar Covid-19 varian Omicron.
WN Arab Saudi yang Siram dan Cekoki Istri Air Keras Terancam Hukuman Mati

WN Arab Saudi yang Siram dan Cekoki Istri Air Keras Terancam Hukuman Mati

Abdul Latif (48) warga negara Arab Saudi yang menyiram dan mencekoki istri sirinya, Sarah (21) dengan air keras hingga korban tewas, terancam hukuman mati.
Maling Cantik Bobol Toko Emas di Surabaya Ditangkap Polisi. Apesnya yang Dicuri Emas Imitasi

Maling Cantik Bobol Toko Emas di Surabaya Ditangkap Polisi. Apesnya yang Dicuri Emas Imitasi

Seorang wanita cantik ditangkap usai membobol toko emas cahaya berlian di pasar Blauran, kota Surabaya, Rabu (08/12/2021) dini hari. Pelaku beraksi seorang diri
Banjir Lahar Dingin Susulan dari Gunung Semeru Mengubur Satu Dusun

Banjir Lahar Dingin Susulan dari Gunung Semeru Mengubur Satu Dusun

Banjir lahar dingin Gunung Semeru kembali menerjang hilir Sungai  Curah Kobokan di Lumajang, Jawa Timur, Rabu (7/12/2021). Berdasarkan pantauan tim tvonenews, luapan banjir lahar ini mengakibatkan endapan awan panas ikut terbawa lahar dan mengubur permukiman satu dusun.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Apa Kabar Indonesia Malam
20:00 - 21:00
Indonesia Business Forum
21:00 - 22:00
Kabar Utama
22:30 - 23:30
Kabar Hari Ini
23:30 - 00:00
Kabar Arena
00:00 - 01:00
Kabar Dunia
Selengkapnya