LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

Kapal Rumah Sakit TNI AL Siap Membantu Penanganan Kasus Covid-19 di Kota Batam | tvOne

Sabtu, 10 Oktober 2020

Batam, Kepulauan riau Kri semarang 594 disiagakan di Pelabuhan Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Kapal rumah sakit milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut ( Tni al) itu siap digunakan untuk mempercepat Penanganan covid-19 di Kepri.

KRI Semarang 594 dilengkapi fasilitas perawatan kesehatan. Di antaranya ada empat ruang operasi. Sejumlah dokter dan tenaga kesehatan yang siap menangani pasien Covid-19 juga siaga di kapal ini. Kapal Rumah Sakit TNI AL mampu menampung hingga 700 pasien.

Komandan Gugus Keamanan Laut Koarmada I, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Yayan Sofyan mengatakan, Kapal Rumah Sakit KRI Semarang siap diperbantukan untuk penanganan Covid-19 di Provinsi Kepri.

“KRI Semarang ini adalah salah satu kapal perang kita dari Koarmada I memang memiliki kemampuan-kemampuan untuk melaksanakan sebagai fungsi rumah sakit. Hal ini tentunya dukungan dari TNI Angkatan Laut untuk mendukung program pemerintah yang saat ini sedang melaksanakan percepatan penanggulangan Covid-19,” ujar Yayan.

Pejabat Sementara Gubernur Kepri, Bahtiar Baharuddin menyatakan saat ini ruang perawatan pasien yang terinfeksi Virus corona di Kepulauan Riau masih mencukupi. Sekarang pun ada penambahan fasilitas laboratoriun baru di sebuah rumah sakit di Kota Tanjung Pinang. Namun menurutnya, keberadaan kapal rumah sakit bakal membantu penanganan Covid-19 di wilayahnya.

Kapal Rumah Sakit KRI Semarang 594 juga sempat membantu penanggulangan SARS-CoV-2 ketika penjemputan pekerja migran Indonesia di negara tetangga.

KRI Semarang merupakan kapal perang buatan anak bangsa yang diproduksi PT PAL Indonesia yang difungsikan sebagai Kapal Rumah Sakit. Kapal jenis Landing Platform Dock (LPD) ini memiliki spesifikasi, panjang 124 meter, lebar 21,8 meter, dengan berat 7.200 ton. Kecepatan maksimalnya 16 knots dengan kecepatan jelajah 14 knots dan mampu berlayar secara endurance selama 30 hari.

Kapal ini juga dilengkapi dengan kapal Landing Craft Utilities (LCU) yang mampu mengangkut 8 unit kendaraan tempur jenis Anoa, 28 truk, 3 helikopter, serta mampu mengangkut 650 prajurit.

TNI AL berharap dengan difungsikannya KRI Semarang-594 sebagai Kapal Rumah Sakit akan membantu kapal rumah sakit KRI dr Soeharso-990 yang telah mendarmabaktikan untuk keppentingan misi kemanusiaan, penunjang pembangunan nasional, penanganan bencana alam serta membantu program pemerintah. (act)

Baca Juga :
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
02:26

Detik-detik Pria Bacok Temannya Sendiri Gegara Merasa Ditipu

Seorang pemuda di Kabupaten Oku Selatan nekat membacok temannya sendiri. Kejadian pembacokan tersebut terekam oleh kamera CCTV. 
img_title
01:39

Seorang Pendaki Temukan Kerangka Manusia di Lereng Gunung Slamet

Warga Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal digegerkan dengan penemuan mayat manusia yang menjadi kerangka di pos 3 jalur pendakian Gunung Slamet. 
img_title
04:51

Jubir MK Beberkan Mekanisme Sidang Putusan PHPU

MK akan membacakan putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 pada hari Senin, 22 April 2024 pukul 09.00 WIB di ruang sidang lantai dua Gedung I MK RI, Jakarta. 
img_title
01:28

Menlu RI Utamakan Diplomasi Terkait Konflik di Timur Tengah

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menegaskan, tengah berkomunikasi dengan Menlu Iran untuk meredam eskalasi konflik yang terjadi dengan Israel. 
img_title
03:04

Prabowo Minta Para Pendukungnya Tidak Lakukan Aksi di MK

Presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto memberi peringatan keras kepada para pendukungnya terkait polemik jelang putusan sidang MK soal sengketa Pilpres 2024. 
img_title
07:15

MK Terima 33 Amicus Curiae, Jubir AMIN: Belum Pernah Terjadi Sebelumnya

Pengajuan permohonan amicus curiae atau sahabat peradilan terkait persoalan perkara PHPU atau sengketa Pilpres 2024 ke MK disebut paling banyak sepanjang sejarah. 
img_title
17:53

Piala Asia U23: Amuk Garuda Libas Australia

Timnas Indonesia U-23 mencatatkan poin penuh dan cleansheet pertama di Piala Asia U-23 usai mengalahkan Australia U-23 dengan skor 1-0. 
img_title
06:13

Kebakaran Toko Bingkai, 7 Orang Tewas di Tempat

Ruko berlantai 3 di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Kamis (18/4/2024) malam terbakar hebat. 
img_title
01:31

AHY Pastikan Transisi Kepemimpinan Presiden akan Berjalan Baik

Ketua Umum Partai Demokrat yang juga menteri ATR/BPN AHY menyatakan, transisi kepemimpinan antara Presiden Joko Widodo dengan calon presiden terpilih Prabowo Subianto harus dipastikan dengan baik. 
img_title
02:40

Erupsi Gunung Ruang, Basarnas Evakuasi 28 Napi & Petugas Lapas Klas III Tahuna

Pasca erupsi Gunung Ruang di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, situasi dan kondisi pada Kamis (18/4/2024) pagi Gunung Ruang diguyur hujan lebat dan tertutup awan tebal. 
img_title
01:48

Bahlil: Pertemuan Prabowo & Megawati Masih Mungkin Terjadi

Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran yang juga Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menegaskan, pertemuan Jokowi dan Megawati masih mungkin terjadi. 
img_title
01:02

Relawan Prabowo-Gibran Batalkan Rencana Aksi Damai di MK

Relewan Prabowo Gibran resmi membatalkan acara aksi damai yang akan digelar di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) pada hari Jumat (18/4/2024) ini. 
img_title
06:15

Misteri Kasus Mayat Wanita Terbungkus Plastik di Sukoharjo

Polisi masih terus menyelidiki kasus penemuan mayat wanita yang terbungkus plastik di Sukaharjo, Jawa Tengah, belasan orang telah diperiksa sebagai saksi atas tewasnya wanita yang diduga menjadi korban pembunuhan dari teman dekatnya.
img_title
01:27

Purnawirawan TNI-Polri Temui Sekjen PDIP

Hasto Kristianto Sekjen PDIP menggelar pertemuan bersama purnawirawan TNI-Polri di salah satu rumah pemenangan Ganjar-Mahfud.
img_title
01:20

Ratusan Pedagang Adang Alat Berat Tolak Pembongkaran Pasar Kutabumi Tangerang

Sebanyak 400 pedagang pasar Kotabumi Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten menghadang alat berat yang akan digunakan untuk menggusur bangunan pasar pada Kamis siang.
img_title
02:41

Gunung Ruang Meletus, Puluhan Napi dan Pegawai Lapas Ikut Dievakuasi

Pasca erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara warga yang bermukim di kaki gunung telah dievakuasi ke tempat yang lebih aman. 
img_title
02:17

Relawan Prabowo-Gibran Akan Gelar Aksi Damai di Depan Mahkamah Konstitusi

10.000 pendukung dan relawan Prabowo-Gibran akan menggelar aksi damai di depan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) pada Jumat (19/4/2024). 
img_title
01:45

Kembalikan Uang Rp100 Juta Milik Pemudik, Aiptu Supriyanto dapat Hadiah dari Kapolda Lampung

Atas kejujurannya, Iptu Supriyanto mendapatkan penghargaan dari Kapolda Lampung berupa beasiswa Perwira pendidikan alih golongan atau SAG. 
img_title
09:24

AWAS! Jerat Pelaku Perdagangan Manusia Berkedok Kawin Kontrak

Polres Cianjur, Jawa Barat, menangkap dua orang perempuan berinisial RN (21) dan LR (51) atas dugaan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dengan modus kawin kontrak. 
Jangan Lewatkan
Ramalan ZODIAK Hari Ini, Sabtu 20 April 2024 Cinta dan Hubungan untuk Taurus, Aries, Cancer dan juga Gemini

Ramalan ZODIAK Hari Ini, Sabtu 20 April 2024 Cinta dan Hubungan untuk Taurus, Aries, Cancer dan juga Gemini

Berikut ini merupakan ramalan ZODIAK, Hari Sabtu 20 April 2024 terkait dengan Cinta dan Hubungan buat kalian yang berzodiak Aries, Taurus, Gemini dan Cancer.
Suporter Asia Tenggara Puji Timnas Indonesia U23 Usai Kalahkan Australia, Perkataan Megawati Hangestri Bikin Pemain Red Sparks Sampai Heran

Suporter Asia Tenggara Puji Timnas Indonesia U23 Usai Kalahkan Australia, Perkataan Megawati Hangestri Bikin Pemain Red Sparks Sampai Heran

Suporter negara Asia Tenggara puji Timnas Indonesia usai kalahkan Australia di Piala Asia U23 dan Perkataan Megawati Hangestri bikin pemain Red Sparks heran.
Ada Kabar Buruk, Seluruh Warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi Diminta Waspada Hari Ini, Yakin Mau Malam Mingguan?

Ada Kabar Buruk, Seluruh Warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi Diminta Waspada Hari Ini, Yakin Mau Malam Mingguan?

Ada kabar buruk bagi warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan sekitarnya yang ingin beraktivitas pada malam minggu. Warga lebih baik tetap di rumah.
Setelah Shalat Memangnya Boleh Mengusap Wajah? Ustaz Adi Hidayat Tegaskan Jika Kebiasaan Tersebut Ternyata...

Setelah Shalat Memangnya Boleh Mengusap Wajah? Ustaz Adi Hidayat Tegaskan Jika Kebiasaan Tersebut Ternyata...

Apakah mengusap wajah setiap kali habis shalat dibolehkan? Apa hukumnya? Ustaz Adi Hidayat beri penjelasan soal kebiasaan mengusap wajah tiap selesai shalat
Kantongi Izin Maju di Pilgub, Bobby Sebut Dirinya Tak Perlu Ambil Formulir Pendaftaran di Golkar Sumut

Kantongi Izin Maju di Pilgub, Bobby Sebut Dirinya Tak Perlu Ambil Formulir Pendaftaran di Golkar Sumut

Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengatakan dirinya tak perlu lagi mengambil formulir pendaftaran sebagai calon Gubernur Sumatera Utara dari Partai Golkar. Hal
Kasus di OKU Selatan Ini Bisa Jadi Pelajaran Berharga Bagi Warga yang Ingin Jual Kendaraan

Kasus di OKU Selatan Ini Bisa Jadi Pelajaran Berharga Bagi Warga yang Ingin Jual Kendaraan

Peristiwa mengerikan pada Rabu (17/4) dan terekam CCTV di Kabupaten OKU Selatan itu bisa jadi pelajaran berharga bagi warga yang ingin menjual kendaraannya. 
DBD di Sulawesi Selatan Tembus 1.620 Kasus Hingga April 2024, Diprediksi Terus Melonjak, Waspadalah

DBD di Sulawesi Selatan Tembus 1.620 Kasus Hingga April 2024, Diprediksi Terus Melonjak, Waspadalah

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan mencatat terdapat 1.620 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) hingga April 2024 dan tersebar di 24 kabupaten dan kota.
Awalnya Jadi Korban Pelecehan Seksual, ART Bernama Icha ini Justru Jadi Ketagihan Berhubungan dengan Majikan, Bahkan Sampai Punya...

Awalnya Jadi Korban Pelecehan Seksual, ART Bernama Icha ini Justru Jadi Ketagihan Berhubungan dengan Majikan, Bahkan Sampai Punya...

Salah seorang mantan ART yang pernah jadi korban pelecehan seksual mengungkapkan kisahnya. Pada Rey Utami, dia bercerita bahwa usai trauma, justru jadi ketagihan
Mengerikan! Detik-Detik Tim SAR Evakuasi Kerangka Manusia yang Ditemukan Pendaki di Gunung Slamet, Korban Pakai Kaos dan Sarung

Mengerikan! Detik-Detik Tim SAR Evakuasi Kerangka Manusia yang Ditemukan Pendaki di Gunung Slamet, Korban Pakai Kaos dan Sarung

Seorang pendaki menemukan kerangka manusia di pos 3 jalur pendakian Gunung Slamet, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu (17/4).
Wasit Kesayangan Komang Teguh Akan Pimpin Laga Timnas Indonesia U-23 Vs Yordania U-23

Wasit Kesayangan Komang Teguh Akan Pimpin Laga Timnas Indonesia U-23 Vs Yordania U-23

Adalah wasit asal Kuwait, Ammar Ashakanani yang akan didapuk untuk memimpin pertandingan terakhir babak penyisihan Grup A Piala Asia U-23 antara Timnas Indonesia U-23 melawan Yordania U-23. 
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Apa Kabar Indonesia Pagi
08:00 - 09:00
Coffee Break
09:00 - 11:00
Best World Boxing
11:00 - 11:30
#DiIndonesiaAja
11:30 - 12:30
Kabar Siang
12:30 - 14:00
Damai Indonesiaku
Selengkapnya