LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

Polisi Kantongi Barang Bukti Pembantaian Satu Keluarga Seniman | tvOne

Jumat, 12 Februari 2021

Rembang, Jawa tengah – Polisi berhasil mengungkap pelaku Pembunuhan keluarga Anom subekti di Rembang, Jawa Tengah (Jateng) yang terjadi pada Rabu, 3 Februari 2021 lalu. Pelaku tak lain adalah rekan kerja korban, Sumani, yang sebelum kejadian sempat bertamu ke rumah. Dari rumah tersangka, petugas mengantongi sejumlah barang bukti di antaranya senjata yang digunakan untuk membunuh keluarga Anom, serta sejumlah perhiasan bernoda darah milik korban.

Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi saat gelar perkara di Mapolres Rembang, Kamis, 11 Februari 2021, hasil penyelidikan memang mengarah kepada pelaku bernama Sumani (43), warga Desa Pragu, Kecamatan Sulang, Kabupaten Rembang yang ditetapkan sebagai tersangka sejak tanggal 8 Februari 2021.

Polisi menyebut perkara ini sebagai kasus pembunuhan berencana yang disertai dengan pencurian dan pemberatan.

“Ini kita awali pada saat kejadian ini adalah tanggal 3 Februari kemarin yang perkiraannya pembunuhan dilaksanakan pada pukul 21.00-24.00. Tersangka belum kami mintai keterangan tetapi kami bisa menetapkan bahwa Sumani adalah saudara tunggal. Ini kita lakukan karena dalam 184 KUHP tidak perlu keterangan tersangka tapi hasil saintifik, identifikasi telah membuktikan—cukup bukti yang bersangkutan sebagai tersangka,” ujar Kapolda.

Penyidik juga mengantongi banyak bukti yang mengarah pada pelaku.

“Dari olah TKP (tempat kejadian perkara) ditemukan ada gelas di mana gelas itu ada sidik jari, tim Labfor dan Identifikasi mengambil sidik jari itu, dan dengan scientific identification yang kita punyai benar—match—sidik jari itu mengarah seorang tamu yang bernama Sumani,” tambah Luthfi.

Pelaku juga masih menyimpan barang hasil curian serta senjata yang dia gunakan untuk menghabisi nyawa para korban di rumahnya.

“Kita lakukan penggeledahan di rumah tersangka kita temukan arit. Di dalam arit ini ditemukan darah. Darah hasil labfor yang kita temukan di arit ini identik dengan darah korban istrinya, yaitu Saudari Purwati. Kemudian disamping arit tersangka kita kembangkan lagi di kuku tersangka, di kunci kontak tersangka, ada darah juga yang identik dengan darah korban. Ditemukan perhiasan di rumah tersangka di antaranya adalah gelang, cincin, anting. Di anting ditemukan darah yang identik dengan putrinya. Cincin identik darahnya dengan ibunya. Artinya sudah match bahwa yang bersangkutan mengambil, mencuri dengan paksa, pada saat pelaku melakukan upaya paksa terkait pembunuhan kemudian dibawa pulang dan ditemukan di TKP rumah tersangka,” ungkap jenderal bintang dua ini.

Adapun korban yang ditemukan meninggal akibat ulah pelaku, yakni Anom Subekti (suami), Tri Purwati (istri), Alfitri Saidatina (anak), dan Galuh Lintang (cucu).

Hingga kini belum bisa dimintai keterangannya karena terlebih dahulu melakukan percobaan bunuh diri dengan cara meminum cairan pestisida. Pelaku sendiri masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Rembang.

Tetapi, kata Luthfi, dalam berkas acara pemeriksaan awal muncul kata-kata "seng wes yo wes" atau yang sudah ya sudah yang bisa mengarah ke motif dendam, karena sebelumnya ada transaksi jual beli gamelan.

"Antara korban dengan pelaku juga saling kenal. Apalagi sebelumnya sudah ada pembayaran pembelian gamelan sebesar Rp15 juta terhadap korbannya," ujarnya.

Hasil keterangan saksi dan rekaman kamera CCTV, juga semakin memperkuat pelakunya adalah Sumani, karena ada kesesuaian antara sepeda motor pelaku, helm maupun jaket yang dipakai pelaku saat ke rumah korbannya.

Aksi pelaku menghabisi empat korbannya diperkirakan Rabu (3/2) malam antara pukul 21.00-24.00 WIB yang diperkuat dengan hasil autopsi bahwa korbannya meninggal antara rentang waktu tersebut.

Atas perbuatannya itu, pelaku diancam hukuman mati atau seumur hidup, karena melanggar Pasal 340 KUHP subsider 338 KUHP dan/atau 365 ayat (3) KUHP atau Pasal 80 ayat (3) jo Pasal 76C Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. (act)

Baca Juga :
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
01:45

Gibran & Bobby Raih Penghargaan dari Presiden Jokowi

Anak dan menantu Presiden Joko Widodo mendapatkan penghargaan dalam peringatan Hari Otonomi Daerah ke-28.
img_title
04:12

Partai NasDem akan Temui Prabowo di Kertanegara

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh sore ini (25/4/2024) direncanakan bertemu dengan presiden terpilih Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta Selatan. 
img_title
04:53

Tante Diduga Bunuh Keponakan Sendiri, Begini Keterangan Keluarga

Seorang wanita di Tangerang berinisial LN (40) membunuh keponakannya EV yang berusia 7 tahun. LN kemudian menyembunyikan jasad korban di tempat penyimpanan dupa untuk sembahyang yang berada di dekat rumah korban.
img_title
02:14

Rombongan Pengantin Terobos Banjir Lahar Dingin Semeru

Dampak dari banjir lahar dingin Gunung Semeru membuat rombongan pengantin dan penghulu harus berjuang keras untuk menerobos aliran sungai yang masih deras. 
img_title
00:42

Presiden Jokowi Melayat Ke Rumah Duka Alm. Mooryati

Presiden Joko Widodo melayat ke rumah duka Mooryati Soedibyo yang meninggal dunia pada Rabu (24/4/2024) dini hari. 
img_title
05:58

Tim Kuasa Hukum Panji Gumilang Yakin Bisa Buktikan Kebenaran di Pengadilan

Pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun Panji Gumilang mengajukan gugatan pra peradilan terkait penetapan status tersangka di kasus TPPU. 
img_title
02:10

KPU Angkat Bicara terkait Undangan penetapan Presiden & Wapres Terpilih

Sementara pasangan calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD tidak menghadiri acara penetapan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih oleh KPU.
img_title
01:14

Dua Pemuda Tenggelam di Pantai Ditemukan Meninggal Dunia

Korban kedua yang tenggelam di pantai barat Pangandaran, Jawa Barat ditemukan dalam kondisi tewas.
img_title
01:06

Peserta Lomba Dayung Putri Tidak Sadarkan Diri

Peserta lomba dayung tradisional putri tak sadarkan diri saat berlomba di Sungai Mentaya, Kotawaringin Timur, Kalimantan tengah akibat sesak napas dan kelelahan. 
img_title
01:24

Penyelundupan 7 Pekerja Migran ke Malaysia Digagalkan Polisi

Sindikat perdagangan orang berusaha menyelundupkan 7 orang ke Malaysia. Korban diminta membayar jutaan rupiah kepada salah satu pelaku yang kini masih buron.
img_title
00:59

Penyelundupan Satwa Langka Digagalkan Petugas BKSDA

Penyelundupan kanguru, burung nuri, dan cendrawasih digagalkan petugas BKSDA di Pelabuhan Murhum Bau Sulawesi Tenggara.
img_title
12:02

Analisa Effendi Gazali Jelang Laga Indonesia VS Korea Selatan

Tokoh nasional Effendi Gazali menjadi saksi mata ketika Timnas Indonesia U-23 lolos dari fase grup Piala Asia U-23.  
img_title
01:06

Pemuda Tewas Ditikam, Pelaku Sakit Hati Karena Diejek

Seorang remaja di Kecamatan Gunung Sugih,  Kabupaten Lampung Tengah tewas ditusuk pada bagian dada oleh pelaku yang sakit hati lantaran diejek. 
img_title
06:58

Prabowo Merangkul, Adi Prayitno: Haram Kalo 1 dan 3 Gabung Koalisi

Politik 'merangkul' Prabowo sudah semakin gencar dilakukan pasca penetapan presiden dan wakil terpilih 2024-2029 yang dimenangi oleh Prabowo-Gibran. 
img_title
17:39

PDIP Beberkan Alasan Ganjar-Mahfud Tak Hadiri Penetapan Presiden

Resmi sudah Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka ditetapkan KPU sebagai presiden dan wakil presiden terpilih untuk masa jabatan 2024-2029 mendatang. 
img_title
04:57

Usai Penetapan Presiden & Wapres Sejumlah Tokoh Saling Bertemu

Prabowo Subianto menyambangi kantor DPP PKB. Sementara itu, presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu menyambangi Nasdem Tower untuk bertemu dengan Surya Paloh. 
img_title
01:45

Ganjar Sebut Dirinya Lebih Baik di Luar Pemerintahan

Ganjar Prnaowo juga lebih memilih berada di luar pemerintahan yang akan datang. 
img_title
00:53

Presiden & Wapres Terpilih Prabowo-Gibran Bertemu Jokowi

Capres- Cawapres RI terpilih Prabowo Subiano dan Gibran Rakabuming Raka bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta malam kemarin (24/4/2024).  
img_title
02:25

Konten Kreator Terseret Sejauh 150 Meter saat Pertahankan Mobil Hendak Dicuri

Seorang kreator konten asal Bogor tak sadarkan diri usai terseret sejauh 150 meter yang dimana saat itu korban tengah mempertahankan mobilnya usai dicuri dengan cara berpegangan ke pintu mobil. 
Jangan Lewatkan
Kemnaker Terus Tingkatkan Kinerja Layanan Publik Balai Besar K3 Jakarta

Kemnaker Terus Tingkatkan Kinerja Layanan Publik Balai Besar K3 Jakarta

"Kemnaker miliki perhatian yang luar biasa terhadap tugas dan fungsi K3 khususnya yang ditangani oleh Balai Besar K3 Jakarta," kata Dirjen Haiyani
Kerja Keras Terbayar, Ramalan Zodiak BESOK, Jumat 26 April 2024 Karier dan keuangan untuk Taurus, Gemini, dan Aries

Kerja Keras Terbayar, Ramalan Zodiak BESOK, Jumat 26 April 2024 Karier dan keuangan untuk Taurus, Gemini, dan Aries

Ramalan zodiak hari Jumat 26 April 2024, mengutip dari laman Prokerala berikut ramalan zodiak karier keuangan untuk yang berzodiak Aries, Taurus, dan Gemini.
Terima Dubes Jepang, Menaker Berharap Kerja Sama Ketenagakerjaan Terus Meningkat

Terima Dubes Jepang, Menaker Berharap Kerja Sama Ketenagakerjaan Terus Meningkat

Menurut Ida, Jepang yang telah menjalin hubungan diplomatik selama 65 tahun, merupakan mitra strategis Indonesia dalam bersinergi dan berkolaborasi di berbagai bidang, termasuk bidang ketenagakerjaan.
Polisi Bocorkan Kronologi Temuan Mayat Wanita Dalam Koper di Bekasi

Polisi Bocorkan Kronologi Temuan Mayat Wanita Dalam Koper di Bekasi

Kepolisian memeriksa sejumlah saksi terkait temuan mayat wanita di dalam koper yang tergeletak di pinggir jalan kawasan Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.
Laga Dewa United Vs Madura United Ditunda Akibat Hujan Deras, Skor Masih Imbang 0-0

Laga Dewa United Vs Madura United Ditunda Akibat Hujan Deras, Skor Masih Imbang 0-0

Hujan deras yang mengguyur di Stadion Indomilk Arena, Tangerang pada Kamis (25/4/2024) memaksa wasit menghentikan pertandingan.
Dampak Banjir Lahar Semeru Susulan, 11 Rumah Warga Desa Kloposawit Kembali Tertimbun Material Vulkanik

Dampak Banjir Lahar Semeru Susulan, 11 Rumah Warga Desa Kloposawit Kembali Tertimbun Material Vulkanik

Tercatat sebanyak 11 rumah di Dusun Rojobalen, Desa Kloposawit, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, terdampak banjir lahar susulan Gunung Semeru
Pengusaha yang Telat Bayar THR, Ini Sanksi dari Kemnaker

Pengusaha yang Telat Bayar THR, Ini Sanksi dari Kemnaker

"Ketika itu terlambat dibayar, maka dendanya adalah 5 persen dari total THR, baik itu secara individu atau pun nanti hitungnya per berapa jumlah pekerja yang tidak dibayar,"
Tegas, Bawaslu RI Minta Jajarannya Bersiap Hadapi 296 Laporan PHPU Pileg 2024

Tegas, Bawaslu RI Minta Jajarannya Bersiap Hadapi 296 Laporan PHPU Pileg 2024

Bawaslu RI desak Bawaslu Provinsi maupun Bawaslu Kabupaten/Kota siapkan alat bukti untuk hadapi 296 laporan perkara PHPU Pemilu Anggota Legislatif (Pileg) 2024.
Ini Imbauan Kemnaker soal THR ke Ojol dan Kurir Logistik

Ini Imbauan Kemnaker soal THR ke Ojol dan Kurir Logistik

"Kami sudah jalin komunikasi dengan para direksi, manajemen, ojol, atau pekerja yang kerja dengan platform digital, termasuk kurir logistik untuk dibayarkan THR sebagaimana tercakup dalam SE THR Keagamaan ini," ucap Dirjen Putri
Tak Khawatir Komoditas Sawit Dilarang Ekspor ke Eropa, Zulhas: Prabowo Punya Program Mandiri Energi

Tak Khawatir Komoditas Sawit Dilarang Ekspor ke Eropa, Zulhas: Prabowo Punya Program Mandiri Energi

Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Zulkifli Hasan menegaskan bahwa tidak ada perasaan khawatir apabila komoditas sawit Indonesia dilarang eskpor ke Uni Eropa.
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Petang Pilihan
17:00 - 18:30
Kabar Petang
18:30 - 20:00
Apa Kabar Indonesia Malam
20:00 - 21:00
Dua Sisi
21:00 - 22:00
Kabar Utama
22:00 - 22:30
Cover Story One
Selengkapnya