LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali
Ilustrasi contoh teks diskusi. Aktivitas diskusi terjadi setiap waktu dan dimana-mana mulai dari ruang kelas, kantor, hingga dengan keluarga di rumah
Sumber :
  • unsplash.com

Contoh Teks Diskusi dan Pengertian Lengkapnya

Artikel pendek ini akan membahas contoh teks diskusi. diskusi merupakan suatu metode komunikasi yang bertujuan untuk mencari solusi terbaik atas sebuah masalah

Senin, 21 Maret 2022 - 15:06 WIB

Artikel pendek ini akan membahas contoh teks diskusi. Namun sebelum masuk ke dalam contoh tersebut, alangkah baiknya jika kamu memahami terlebih dahulu pengertian tentang apa itu teks diskusi.

Diskusi selalu terjadi setiap hari entah kamu sadari atau tidak. Karena diskusi merupakan metode komunikasi yang bertujuan untuk mencari solusi terbaik atas sebuah masalah tertentu.

Diskusi ini muncul saat ada ketidaktahuan atau perbedaan dalam melihat suatu masalah maupun penyelesaian masalah. Dalam menyelesaikan perbedaan pendapat ini seseorang akan berdiskusi dengan orang lain untuk mencari cara untuk mengatasi perbedaan tersebut.

Saat berdiskusi tentu dibutuhkan argumen - argumen yang menguatkan suatu pendapat, terlepas dari pendapat itu akan menguatkan isu atau asumsi tertentu atau justru untuk menentang isu dan asumsi orang lain.

Baca Juga :

Saat berdiskusi seseorang harus mau mendengarkan pendapat orang lain, tidak memaksakan pendapatnya sendiri, serta harus memberikan argumen - argumen yang valid dan bisa diterima akal sehat.

Pengertian Teks Diskusi

Diskusi merupakan salah satu bentuk kegiatan wicara. Dengan berdiskusi, seseorang atau sekelompok orang dapat memperluas pengetahuan dan mengetahui beragam perspektif dalam melihat suatu masalah dan merumuskan solusinya.

Diskusi adalah pertukaran pikiran, ide, dan pendapat antara dua orang atau lebih secara lisan. Tujuannya adalah untuk mencari kesepakatan atau kesepahaman ide atau sudut pandang.

Diskusi yang melibatkan beberapa orang disebut diskusi kelompok. Meskipun tak selalu, umumnya dibutuhkan seseorang yang 'memimpin' alur diskusi yang disebut ketua diskusi atau moderator.

Tugas ketua diskusi atau moderator ini adalah untuk membuka dan menutup diskusi, memberikan penjelasan, konteks, dan peraturan umum yang berlaku, menengahi anggota forum yang berdebat, serta menyimpulkan hasil diskusi.

Namun seiring perkembangan jaman, kini juga ada yang namanya focus group discussion dimana wacana yang dibahas di dalamnya tak memerlukan ketua diskusi atau moderator.

Adapun jenis - jenis diskusi antaralin adalah seminar, sarasehan, simposium, diskusi panel, kongres, muktamar, dan lokakarya. Dari jenis - jenis diskusi tersebut, jenis manakah yang pernah kamu adakan atau ikuti?

Contoh Teks Diskusi dalam Kaidah Kebahasaan

Setelah memahami gambaran apa itu teks diskusi, kamu sebaiknya juga mengetahui unsur kebahasaan dalam teks diskusi untuk melakukan diskusi yang efektif.

Perlu diketahui bahwa teks diskusi mempunyai ciri - ciri kebahasaan yang khas antara lain menggunakan tanda hubung perlawanan seperti tetapi, sedangkan, melainkan, dan lain - lain. Selain itu teks diskusi juga menggunakan kata - kata yang menunjukkan adanya keterkaitan antara satu kalimat lainnya dalam satu paragraf. Simak contoh teks diskusi di bawah ini.

A. Penggunaan Konjungsi Perlawanan

Yang termasuk konjungsi perlawanan adalah ... tidak, ... tetapi, sedangkan, dan ... bukan, ... melainkan.

Contoh:

1. Dalam hal ini, tidak semua siswa SD, SMP, dan SMA menjadi anggota pramuka, tetapi mereka dengan bangga menggunakan seragam pramuka tersebut tanpa dibarengi rasa tanggung jawab.

2. Disiplin di sekolah diajarkan tidak secara formal seperti di dalam pendidikan militer, tetapi ditempatkan pada kerangka pola dan perilaku masyarakat secara lebih luas.

B. Penggunaan Kata untuk Memadukan Kalimat

Menggunakan pengulangan kata, persamaan makna dan perlawanan makna. Untuk mencapai kepaduan kalimat, diperlukan pemilihan kata, seperti menggunakan pengulangan kata, kata-kata yang memiliki persamaan makna (sinonim), perlawanan makna (antonim).

Contoh:

1. Orang tua dan anggota keluarga harus menjadi garda terdepan keteladanan bagi siswa untuk bersikap disiplin bagi diri sendiri dan orang lain. Disiplin harus dilakukan sebagai tanggung jawab bukan sebagai indoktrinasi.

2. Salah satu penerapannya dengan menggunakan seragam pramuka. Penggunaan seragam pramuka di semua jenjang pendidikan bertujuan menumbuhkan semangat kepanduan pada diri setiap siswa.

Berdasarkan contoh A dapat dikemukakan bahwa supaya padu, penulis mengulang kata disiplin beberapa kali. Sementara itu, pada contoh B mengulang frasa menggunakan seragam pramuka dan kata penggunaan seragam pramuka.

2. Menggunakan kata rujukan

Menggunakan kata rujukan merupakan salah satu cara untuk mendapatkan kepaduan kalimat.

Contoh:

1. Pemerintah telah menetapkan kegiatan pramuka sebagai kegiatan pengembangan diri wajib. Salah satu penerapannya dengan menggunakan seragam pramuka.

2. Perlu pengaturan yang jelas tentang pemakaian seragam pramuka di sekolah. Hal ini agar siswa yang memakai seragam pramuka lebih bertanggung jawab.

Berdasarkan contoh A, -nya pada kata penerapannya merujuk pada frasa kegiatan pengembangan diri wajib, sedangkan frasa hal ini merujuk pada frasa pengaturan yang jelas tentang pemakaian seragam pramuka di sekolah.

3. Menggunakan pengulangan kata, persamaan makna dan perlawanan makna

Menggunakan kata-kata yang menunjukkan sikap pembicara. Salah satu ciri kebahasaan di dalam teks diskusi adanya menggunakan kata-kata yang menunjukkan sikap pembicara, seperti kata yang mempunyai makna kemungkinan, kenyataan, dan sebagainya yang dinyatakan dalam kalimat. Kata-kata yang biasa digunakan, misalnya, harus, akan, ingin, dan mungkin.

Contoh:

1. Kita masih menunggu, apakah rencana tersebut akan menjadi kenyataan dan ditaati sekolah-sekolah mengingat seragam sekolah adalah sebuah identitas.

2. Dan akan menjadi aneh dan lucu lagi jika untuk menjadi anggota pramuka harus dipaksakan.

Struktur Teks Diskusi

Jika ditelaah, diskusi disebut berjalan dengan baik ketika ada komponen - komponen seperti isu yang dibahas, argumen yang dilontarkan (baik yang mendukung atau mendukung), serta kesimpulan atau saran.

A. Isu

Pada bagan isu, penulis teks akan memperkenalkan isu yang akan dibahas. Isu atau masalah di dalam teks diskusi berisi masalah yang akan didiskusikan lebih lanjut. Jika ingin menulis sebuah teks diskusi, sebaiknya kamu memilih topik permasalahan yang sesuai dengan kebutuhan dan pemahaman peserta diskusi. Diskusi tidak akan berjalan dengan baik jika isu utamanya saja tak dimengerti oleh peserta diskusi. Argumen yang muncul juga akan berantakan sehingga melahirkan kesimpulan yang salah pula.

B. Argumen

Pendapat yang mendukung (supporting points) berisi penjabaran lebih lanjut tentang isu yang sedang dibahas. Pada bagian itu penulis memaparkan argumen yang mendukung. Argumen itu didukung dengan fakta, data, pengalaman penulis, serta referensi yang berhubungan dengan isu yang dibahas.

Pendapat yang menentang (contrasting point) berisi argumen yang bertentangan dengan pendapat yang mendukung. Pada bagian itu penulis memaparkan argumen yang menentang. Argumen itu juga didukung dengan fakta, data, pengalaman penulis, serta referensi yang berhubungan dengan isu yang dibahas.

C. Kesimpulan dan saran

Pada bagian kesimpulan (conclusion), penulis menyimpulkan dan merekomendasikan posisi atau pendapat akhir penulis mengenai isu yang akan dibahas. Kalau kamu bertugas sebagai moderator, alangkah baiknya sebisa mungkin kamu tak bersikap bias (condong kepada kubu atau argumen tertentu) dan mengambil jalan tengah mengenai masalah yang sedang dibahas agar simpulan yang kamu ambil tidak lagi menimbulkan masalah baru.

Hasil diskusi tak harus selalu merupakan kesepakatan antar pihak yang berargumen. Kadang kala ada juga diskusi yang hasilnya adalah agree to disagree (sepakat untuk tak bersepakat). Perbedaan pendapat bagaimanapun juga adalah sesuatu yang harus dihormati dalam ruang diskusi yang sehat dan demokratis.

Contoh Teks Diskusi

1. Contoh teks diskusi tentang teknologi

Isu:

Internet merupakan alat yang krusial dalam menjaga iklim demokrasi

Argumen mendukung:

- Internet sangat berguna dalam diseminasi informasi

- Anak - anak sekolah dapat meningkatkan kualitas pembelajarannya jika bisa mengakses internet

Argumen menentang:

- Tak jarang internet digunakan sebagai media penyebaran berita - berita bohong dan opini - opini yang menyesatkan

- Internet adalah alat yang siapapun dapat mengaksesnya, termasuk para kriminal

Kesimpulan:

Semua pihak baik itu Pemerintah, kelompok, ataupun individu sebaiknya menyadari manfaat dan risiko yang muncul dari adanya internet. Internet jika berada di tangan orang - orang yang baik sangat berguna untuk meningkatkan taraf kehidupan dan peradaban. Sebaliknya di tangan orang -orang jahat dapat menjadi alat efektif untuk melakukan aksi kriminal dan manipulasi.

2. Contoh teks diskusi tentang kesehatan

Isu:

Beberapa waktu lalu sempat beredar kabar tentang penangkapan seseorang penanam tumbuhan ganja bernama Fidelis Ari Sudarwoto. Ia menggunakan tanaman itu untuk pengobatan istrinya yang mengidap Syringomyelia, penyakit kronis yang menyerang saraf tulang belakang.

Argumen mendukung:

- Tumbuhan ganja sudah dan terus dikaji pemanfaatannya secara medis. Fidelis juga telah berdiskusi dengan lembaga medis dari berbagai negara untuk mengetahui manfaat dan risikonya. Jika pemanfaatannya untuk keperluan medis dan bisa menyelamatkan nyawa seseorang, seharusnya negara mengakomodir hal tersebut

- Commission on Narcotic Drugs (CND), sebuah badan dari Persatuan Bangsa - Bangsa (PBB) setuju untuk mengklasifikasi ulang manfaat dari tanaman marijuana untuk kebutuhan medis dan terapi berdasarkan masukan dari WHO

Argumen menentang:

- Ganja, sama seperti jenis narkotika lainnya, sangat rentan untuk disalahgunakan jika dilegalkan begitu saja. Sehingga walaupun dapat menyelamatkan jiwa tetap masih harus diteliti lebih lanjut dari berbagai sudut pandang keilmuan

- Belum banyak penyakit yang diketahui bisa sembuh oleh tanaman ganja sehingga penggunaan dan peredarannya harus tetap diawasi dengan ketat.

Kesimpulan:

Tak bisa dipungkiri bahwa banyak sekali riset yang dikeluarkan oleh akademisi dan lembaga penelitian di seluruh dunia terkait manfaat medis dari mariyuana. Namun pemanfaatan itu juga dibatasi oleh undang - undang terkait narkotika yang berlaku di Republik Indonesia.

Demikian pengertian dan beberapa contoh teks diskusi. Semoga informasi ini dapat mencerahkan. (afr)

Baca Juga :
Komentar
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
Jangan Lewatkan
Shin Tae-yong Bawa Kabar Gembira usai Bawa Timnas Indonesia U-23 Kalahkan Korea Selatan U-23, Apa Itu?

Shin Tae-yong Bawa Kabar Gembira usai Bawa Timnas Indonesia U-23 Kalahkan Korea Selatan U-23, Apa Itu?

Sebuah kabar gembira datang dari pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, soal kontrak barunya usai kemenangan atas Korea Selatan U-23 di perempat final Piala Asia U-23.
Timnas Indonesia U-23 Langsung Dapat Keuntungan dari AFC Usai Lolos ke Semifinal Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia U-23 Langsung Dapat Keuntungan dari AFC Usai Lolos ke Semifinal Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia U-23 langsung dapat keuntungan dari AFC usai lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024, dengan mengandaskan Korea Selatan lewat adu penalti.
Timnas Indonesia 2023 Bantai Korea Selatan, Ribuan Warga Ambon Gelar Konvoi Kemenangan

Timnas Indonesia 2023 Bantai Korea Selatan, Ribuan Warga Ambon Gelar Konvoi Kemenangan

Ribuan masyarakat Kota Ambon melakukan acara konvoi kemenangan dengan kendaraan bermotor di jalan kota usai  Timnas Indonesia U23 menang melawan Korea Selatan
Menkominfo Minta Masyarakat Langsung Laporkan Situs Judi Online, Janji Langsung Take Down

Menkominfo Minta Masyarakat Langsung Laporkan Situs Judi Online, Janji Langsung Take Down

Menkominfo mengungkapkan pihaknya janji akan langsung take down situs judi online (judol). Oleh karenanya, ia minta masyarakat bantu laporkan situs-situs itu.
Momen Kocak Korea Selatan U-23 Kena Prank dari Wasit, Selebrasi Kemenangan Padahal Timnas Indonesia U-23 Belum Kalah

Momen Kocak Korea Selatan U-23 Kena Prank dari Wasit, Selebrasi Kemenangan Padahal Timnas Indonesia U-23 Belum Kalah

Sebuah momen lucu terjadi pada pertandingan perempat final Piala Asia U-23 2024 antara Korea Selatan melawan Timnas Indonesia U-23 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat (26/4/2024) dini hari WIB.
Awalnya Remehkan Timnas Indonesia U23, Media Asing Ini Ikhlas Korea Selatan yang Pulang: Paling Dramatis

Awalnya Remehkan Timnas Indonesia U23, Media Asing Ini Ikhlas Korea Selatan yang Pulang: Paling Dramatis

Begini reaksi media asing asal Vietnam usai mengetahui Timnas Indonesia U23 menang lawan Korea Selatan U23, padahal awalnya sempat remehkan dan prediksi kalah.
Trending
Alasan Nathan Tjoe-A-On Tak Ikut Menendang dalam Sesi Adu Penalti Timnas Indonesia U-23 Vs Korea Selatan

Alasan Nathan Tjoe-A-On Tak Ikut Menendang dalam Sesi Adu Penalti Timnas Indonesia U-23 Vs Korea Selatan

Nathan Tjoe-A-On tidak ikut menendang dalam sesi adu penalti ketika timnas Indonesia U-23 mengalahkan Korea Selatan pada perempat final Piala Asia U-23 2024.
Komentar Pedas Jose Mourinho Pada Timnas Indonesia Terbukti, Dibawah Asuhan Shin Tae-yong Skuad Garuda Kini Bahkan Bisa Menembus...

Komentar Pedas Jose Mourinho Pada Timnas Indonesia Terbukti, Dibawah Asuhan Shin Tae-yong Skuad Garuda Kini Bahkan Bisa Menembus...

Komentar pedas mantan pelatih Chelsea, Jose Mourinho kini terbukti. Pasalnya dibawah asuhan Shin Tae-yong Timnas Indonesia kini menjelma menjadi tim kuat bahkan
Timnas Indonesia U-23 Langsung Dapat Kabar Buruk Usai Lolos ke Babak Semifinal Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia U-23 Langsung Dapat Kabar Buruk Usai Lolos ke Babak Semifinal Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia U-23 mendapatkan kabar buruk usai lolos ke babak semifinal Piala Asia U-23 2024, karena Rafael Struick takkan bisa dimainkan akibat skorsing.
Dikalahkan Timnas Indonesia U-23 Lewat Adu Penalti, Pelatih Korea Selatan: Mereka Beruntung

Dikalahkan Timnas Indonesia U-23 Lewat Adu Penalti, Pelatih Korea Selatan: Mereka Beruntung

Pelatih Korea Selatan mengatakan bahwa timnya kalah beruntung dari timnas Indonesia U-23 setelah tersingkir karena pada perempat final Piala Asia U-23 2024.
Legenda Korea Selatan Park Ji Sung Ikhlas Akui Skuad Shin Tae-yong, Jujurnya Pengakuan Pengamat Sepak Bola Australia soal Permainan Timnas Indonesia

Legenda Korea Selatan Park Ji Sung Ikhlas Akui Skuad Shin Tae-yong, Jujurnya Pengakuan Pengamat Sepak Bola Australia soal Permainan Timnas Indonesia

Ini berita paling top. Legenda Korea Selatan Park Ji Sung ikhlas akui skuad Shin Tae-yong hingga jujurnya pengakuan pengamat sepak bola Australia soal permainan Timnas Indonesia.
Reaksi Netizen Korea Selatan usai Timnya Kalah dari Timnas Indonesia U-23, Sebut Shin Tae-yong sebagai Pengkhianat

Reaksi Netizen Korea Selatan usai Timnya Kalah dari Timnas Indonesia U-23, Sebut Shin Tae-yong sebagai Pengkhianat

Netizen Korea Selatan sangat kecewa usai timnya disingkirkan Timnas Indonesia U-23 pada laga perempat final Piala Asia U-23 2024.
Campur Aduk Perasaan Shin Tae-yong Usai Bawa Timnas Indonesia U-23 ke Semifinal Piala Asia U-23 2024 dengan Singkirkan Korea Selatan

Campur Aduk Perasaan Shin Tae-yong Usai Bawa Timnas Indonesia U-23 ke Semifinal Piala Asia U-23 2024 dengan Singkirkan Korea Selatan

Pelatih timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, memiliki perasaan yang campur aduk setelah mencapai semifinal Piala Asia U-23 dengan menyingkirkan Korea Selatan.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Rumah Mamah Dedeh
09:00 - 10:00
Hidup Sehat bersama dr. Ekles
10:00 - 10:30
AB Shop
10:30 - 11:00
Sidik Jari
11:00 - 13:00
Kabar Siang
13:00 - 13:30
Jendela Islam
Selengkapnya