LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali
Ilustrasi Berbuka Puasa Senin dan Kamis
Sumber :
  • Istimewa/istockphoto.com

Ternyata Ini Alasan Rasulullah SAW Menunaikan Puasa Senin Kamis, Berikut Niat dan Tata Caranya

Puasa hari Senin dan Kamis adalah salah satu tradisi ibadah puasa yang dilakukan oleh umat Islam di seluruh dunia. Puasa Senin merupakan salah satu dari empat

Minggu, 18 Desember 2022 - 17:21 WIB

tvOnenews.com  - Puasa hari Senin dan Kamis adalah salah satu tradisi ibadah puasa yang dilakukan oleh umat Islam di seluruh dunia. 

Puasa Senin merupakan salah satu dari empat puasa sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, yakni puasa senin-kamis, puasa tiga hari setiap bulan (puasa Ayyamul Bidh), puasa pada hari Asyura, dan puasa pada hari Arafah.

Puasa Senin dan Kamis dilakukan pada hari Senin dan Kamis setiap minggunya, dimulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. 

Bagi umat Islam yang melakukan puasa Senin, mereka diwajibkan untuk tidak makan, minum, atau melakukan tindakan-tindakan yang dapat mengurangi kekuatan puasa selama sehari penuh. 

Selain itu, umat Islam juga diharapkan untuk lebih banyak beribadah dan memperbanyak amal shaleh pada hari tersebut.

Baca Juga :

Puasa Senin dianggap sebagai salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meningkatkan keimanan serta ketaqwaan kepada-Nya. 

Di samping itu, puasa hari Senin dan Kamis juga dianggap sebagai salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh, karena puasa dapat menjadi terapi yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dan mengontrol tekanan darah.

Bahkan, bagi umat Islam yang menunaikan puasa hari kamis dan senin akan mendapatkan banyak keutamaan. 

Tak hanya itu saja, Rasulullah SAW mengerjakan puasa Senin dan Kamis, karena pada hari kamis adalah hari di mana amalan disampaikan kepada Allah.

Hal itu dikatakan ustaz Adi Hidayat saat ceramah di depan jemaahnya. Selain  itu, ustaz Adi Hidayat katakan, nabi SAW menyerahkan amalannya dengan keadaan berpuasa. 

Mengapa demikian? karena kebiasaan orang berpuasa punya dua keistimewaan.

"Satu, orang puasa sering meningkatkan amal solehnya, kedua inti puasa itu mencegah  berbuat maksiat," pungkas ustaz Adi Hidayat, seperti yang dilansir dari kanal YouTube Indonesia Mengaji, Minggu (18/12/2022). 

Namun, yang juga anda perlu ketahui, mengapa ada puasa pada hari Senin dan puasa di hari Kamis? 

Buya Yahya dalam ceramahnya mengatakan, alasan mengapa adanya puasa Senin Kamis? karena pada itu hari Senin merupakan hari nabi dilahirkan. 

Sebab, ia katakan juga, bahwa menunjukkan kelahiran hari nabi ada nilainya, jika tidak ada mengapa disebut dan disambungkan untuk menjalankan ibadah puasa. 

"Makanya yang tidak bisa mengagungkan kelahiran nabi, dia harus paham hadis ini. Kalau ndak ada perlu dan ndak ada nilainya pada kelahiran nabi, tak perlu disebut," kata Buya Yahya dalam ceramahnya yang dikutip tvonenews.com dari kanal YouTube Al-Bahja TV, Minggu (18/12/2022).

Bahkan, ia juga menyebutkan bahwa di hari senin juga nabi Muhammad SAW diutus mendapatkan wahyu pertama dari Allah SWT. 

"Jadi kemulian ada di saat hari kelahiran baginda nabi Muhammad saw dan kemudian saat nabi diutus," katanya.

Seperti diketahui juga, bahwa nabi Muhammad saw berpuasa untuk mensyukuri kelahiran dan awal penerimaan wahyunya pada hari Senin,

“Dari Abi Qotadah al-Anshori RA sesungguhnya Rasulullah SAW pernah ditanya mengenai puasa hari senin. Rasulullah SAW menjawab: Pada hari itu aku dilahirkan dan wahyu diturunkan kepadaku” (H.R. Muslim) 

Lanjut Buya Yahya katakan, maka dari riwayat ini umat muslim akan paham mengagungkan kelahiran nabi saw. Bahkan, ia beberkan, bila ada orangb yang  mengagungkan kelahiran nabi dan mengagungkan risalah nabi adalah sama. 

"Maka para ulama menjelaskan hari kelahrian nabi itu diperhatikan, hari kelahiran nabi itu ada maknyanya maka kita agungkan kelahiran nabi saw, maka muncullah istilah maulid nabi, dan memang kelahiran nabi adalah raya, maka kita perlu merayakan kelahiran nabi," tuturnya. 

Di samping itu, ia katan, selain hari Senin itu merupakan hari kelahiran nabi, dan hari Senin Kami itu pula hari disodorkannya amal nabi kepada Allah. 

"Bagaiamana amal disodorkan kepada Allah, sementara Allah sudah maha tahu, begitulah Allah yang membuat aturan dan jangan protes Allah," ujarnya.

dia juga menyebutkan, sebagai manusia juga tidak perlu banyak tanya, sebab Allah yang mengatur, Allah yang Maha Mengetahui, maka ikuti perintah Allah. 

"Jangan bertanya apa yang Allah perbuat, tetapi bertanyalah apa yang engkau buat untuk Allah SWT," katanya.

Jadi, kata Buya Yahya, bahwa nabi saw senang ketika amal ibadahnya dipamerkan di depan Allah SWT di saat nabi sedang menjalankan puasa. 

"Pokoknya Senin dan Kamis itu selalu diperhatikan. Nabi tidak akan memperhatikan sesuatu ada kelebihannya dan kelebihannya sudah disebutkan tadi, bahwasanya kelebihannya itu di hari kelahiran nabi dan hari disodorkan amal ibadah nabi kepada Allah SWT," ujarnya.

Lantas, bagaimana tata cara dan niat untuk melaksanakan puasa Senin Kamis. Nah, bagi anda yang ingin melaksanakan puasa di hari Senin dan Kamis, berikut niat bacaan puasanya.


Menu Berbuka Puasa 
 
1. Niat Puasa Senin

Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta'ala

Artinya:

Saya niat puasa sunnah hari Senin, sunnah karena Allah Ta'ala.

2. Niat Puasa Kamis

Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta'ala

Artinya:

Saya niat puasa sunnah hari Kamis, sunnah karena Allah Ta'ala.

Selain niat, dalam berpuasa Senin Kamis juga ada doa berbuka puasanya, berikut doa buka puasanyanya yang menybutkan syukur kepada Allah SWT.

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin

Artinya:

Ya Allah, untuk-Mu atau karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, dan atas rezeki-Mu aku berbuka, dengan rahmat-Mu, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

Namun, sebelum melaksanakan puasa Senin Kamis, alangkah baiknya anda mengetahui tata cara melaksanakan puasa Senin Kamis. 

Untuk tata cara melaksanakan puasa Senin Kamis sama caranya dengan tata cara puasa Ramadan, berikut tata caranya,

1. Makan Sahur

Makan sahur adalah sunnah puasa yang jika dilakukan akan mendapat pahala dan keberkahan. Namun, jika bangun terlambat dan tidak sempat sahur, anda haru membaca niat puasa saja, dan puasa Senin Kamis anda tetap sah.

2. Baca Niat

Niat Puasa Senin Kamis sebaiknya dibaca di malam hari, sebelum terbit fajar. Namun, anda masih bisa membaca niat puasa Senin Kamis di pagi hari asalkan belum makan apa-apa dan tidak melakukan hal yang membatalkan puasa.

3. Menahan Diri yang Membuat Membatalkan Puasa

Anda perlu menahan diri dari hal-hal yang bisa membatalkan puasa, seperti makan, minum, berhubungan suami-istri, dan hal-hal lainnya. 

Anda juga dianjurkan untuk menahan diri dari yang membatalkan pahala puasa, seperti berbohong, ghibah, dan segala bentuk kemaksiatan. Ini dilakukan sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

4. Berbuka dengan Membaca Doa

Terakhir adalah berbuka dengan membaca doa buka puasa Senin Kamis. Buka puasa bisa dilakukan ketika matahari terbenam, tepatnya saat masuk waktu salat Maghrib. Menyegerakan berbuka juga menjadi salah satu sunnah puasa. (aag)

Baca Juga :
Komentar
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
Jangan Lewatkan
Uzbekistan Punya Kesamaan dengan Korea Selatan, Bakal Bernasib Sama di Tangan Timnas Indonesia U-23?

Uzbekistan Punya Kesamaan dengan Korea Selatan, Bakal Bernasib Sama di Tangan Timnas Indonesia U-23?

Uzbekistan nyatanya memiliki kesamaan dengan Korea Selatan, lawan yang disingkirkan oleh timnas Indonesia U-23 di babak perempat final Piala Asia U-23 2024.
Tolong Segera Amalkan Ibadah Haji bagi yang Sudah dan Belum Mampu Demi Perintah Allah, Ini Kata Ustaz Adi Hidayat...

Tolong Segera Amalkan Ibadah Haji bagi yang Sudah dan Belum Mampu Demi Perintah Allah, Ini Kata Ustaz Adi Hidayat...

Kata Ustaz Adi Hidayat, umat Islam yang sudah mampu dalam menjalankan ibadah haji diharapkan segera melaksanakannya. Bagi yang belum mampu segera berikhtiar.
Kemenangan Timnas Indonesia atas Korea Selatan Lewat Adu Penalti Ternyata Sudah Diprediksi oleh Pandit Malaysia, Dia Bilang...

Kemenangan Timnas Indonesia atas Korea Selatan Lewat Adu Penalti Ternyata Sudah Diprediksi oleh Pandit Malaysia, Dia Bilang...

Dibalik kemenangan Timnas Indonesia atas Korea Selatan di Piala Asia U23 lewat adu penalti, ternyata hal ini sudah diprediksi secara tepat oleh pandit Malaysia.
Media Qatar Soroti Mentalitas Timnas Indonesia U-23, Anak Asuh Shin Tae-yong Itu Disebut Terus Gempur Pertahanan Korea Selatan Sejak Kick Off

Media Qatar Soroti Mentalitas Timnas Indonesia U-23, Anak Asuh Shin Tae-yong Itu Disebut Terus Gempur Pertahanan Korea Selatan Sejak Kick Off

Media Qatar menyoroti mentalitas Timnas Indonesia U-23 yang berhasil menaklukan Korea Selatan di laga Piala Asia U-23. Anak asuh Shin Tae-yong disebut terus menggempur pertahanan sejak kick off. 
Media Qatar Bersaksi Timnas Indonesia U-23 Punya Senjata Rahasia untuk Berjaya di Piala Asia U-23 2024

Media Qatar Bersaksi Timnas Indonesia U-23 Punya Senjata Rahasia untuk Berjaya di Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia U-23 disinyalir punya senjata rahasia untuk berjaya di Piala Asia U-23 2024 setelah berhasil menyingkirkan Korea Selatan di perempat final.
Kronologi Lengkap Anggota Polisi Manado Tewas di Jakarta Selatan dengan Luka Tembak di Kepala

Kronologi Lengkap Anggota Polisi Manado Tewas di Jakarta Selatan dengan Luka Tembak di Kepala

Polres Metro Jakarta Selatan mengungkap kronologi tewasnya seorang anggota polisi yang bertugas di Polresta Manado.
Trending
Usai Timnya Dipulangkan, Hwang Sun-hong Sebut Timnas Indonesia Menang karena 2 Hal Ini, Sempat Singgung Shin Tae-yong

Usai Timnya Dipulangkan, Hwang Sun-hong Sebut Timnas Indonesia Menang karena 2 Hal Ini, Sempat Singgung Shin Tae-yong

Setelah Timnas Korea Selatan disingkirkan dari Piala Asia U-23, Hwang Sun-hong menyebut Timnas Indonesia menang karena dua hal ini, sempat sebut Shin Tae-yong.
Momen Ibunda Pratama Arhan Menangis, Singgung Menantunya Azizah Salsha, Ternyata...

Momen Ibunda Pratama Arhan Menangis, Singgung Menantunya Azizah Salsha, Ternyata...

Ibunda Pratama Arhan tak kuasa menahan tangis, singgung menantunya Azizah Salsha usai laga perempat final Piala Asia U-23 2024 saat selebrasi Arhan menang.
Hasil Piala Asia U-23 2024: Irak Kalahkan 10 Pemain Vietnam Berkat Gol Penalti Ali Jasim

Hasil Piala Asia U-23 2024: Irak Kalahkan 10 Pemain Vietnam Berkat Gol Penalti Ali Jasim

Timnas Irak U-23 sukses mencapai babak semifinal Piala Asia U-23 2024 setelah mengalahkan 10 pemain Vietnam dengan skor 1-0 pada Sabtu (27/4) dini hari WIB.
Negaranya Gagal di Piala Asia U-23 2024, Suporter Thailand Akui Ingin Lihat Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Olimpiade Paris 2024

Negaranya Gagal di Piala Asia U-23 2024, Suporter Thailand Akui Ingin Lihat Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Olimpiade Paris 2024

Suporter Thailand ingin melihat timnas Indonesia U-23 melenggang ke Olimpiade Paris 2024 dengan mengalahkan Uzbekistan di babak semifinal Piala Asia U-23 2024.
Solidaritas Asia Tenggara! Bintang Thailand dan Singapura Ikut Dukung Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024

Solidaritas Asia Tenggara! Bintang Thailand dan Singapura Ikut Dukung Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024

Marselino Ferdinan mendapatkan dukungan dari dua rekannya di Liga Belgia yang berasal dari Asia Tenggara, ketika sedang berlaga untuk timnas Indonesia U-23.
Timnas Indonesia U-23 Lawan Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024, Shin Tae-yong Bilang Begini

Timnas Indonesia U-23 Lawan Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024, Shin Tae-yong Bilang Begini

Shin Tae-yong meyakini timnas Indonesia U-23 mampu bersaing dengan Uzbekistan di babak semifinal Piala Asia U-23 2024, yang akan digelar Senin (29/4) mendatang.
Eks Timnas Indonesia Ini Bilang Ada Pemain yang Menyesal Pernah Tolak Panggilan Shin Tae-yong, Komentar Pedas Jose Mourinho Terbukti

Eks Timnas Indonesia Ini Bilang Ada Pemain yang Menyesal Pernah Tolak Panggilan Shin Tae-yong, Komentar Pedas Jose Mourinho Terbukti

Inilah berita paling top. Eks Timnas Indonesia ini bilang ada pemain yang menyesal pernah menolak panggilan Shin Tae-yong dan komentar pedas Jose Mourinho terbukti.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Apa Kabar Indonesia Pagi
08:00 - 09:00
Coffee Break
09:00 - 11:00
Best World Boxing
11:00 - 11:30
#DiIndonesiaAja
11:30 - 12:30
Kabar Siang
12:30 - 14:00
Damai Indonesiaku
Selengkapnya