Tutup Menu
LIVESTREAM
Artikel
Petugas membersihkan venue angkat besi Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo International Forum, Tokyo, Jepang
Sumber :
  • Antara

Kasus Corona meningkat, Atlet Peserta Olimpiade Tokyo Pulang Lebih Awal

Rabu, 28 Juli 2021 - 21:40 WIB

Jakarta – Tak hanya sepi dari penonton saat gelaran Olimpiade Tokyo 2020, Enam hari sejak pembukaan Olimpiade Tokyo, para atlet sudah memulai perjalanan pulang mereka karena kebijakan COVID-19 yang ketat di Jepang melarang perpanjangan masa tinggal.

Tim Olimpiade biasanya tetap tinggal selama beberapa hari setelah pertandingan mereka berakhir untuk mengikuti perayaan upacara penutupan, menonton olahraga lain dan berpesta dengan atlet lain.

Kali ini, protokol kesehatan yang ketat memaksa atlet pulang lebih cepat sebelum Olimpiade, yang berlangsung pada 23 Juli - 8 Agustus, berakhir.

Atlet tiba tidak lebih awal dari lima hari sebelum kompetisi mereka dimulai dan terbang kembali dalam waktu 48 jam setelah menyelesaikan pertandingan mereka untuk meminimalkan risiko infeksi dan penyebaran virus kepada penduduk setempat.

Tim sofbol Australia berangkat ke Sydney pada Rabu, sebagai bagian dari kelompok pertama tim Australia yang meninggalkan Tokyo, dan akan dikarantina selama 14 hari di negara asalnya.

"Meskipun tim telah divaksinasi dan dites COVID-19 setiap hari selama Olimpiade, seperti warga Australia lainnya yang kembali dari luar negeri, mereka akan tetap dikarantina selama 14 hari dan akan menjalani tes rutin," kata Kepala Eksekutif Komite Olimpiade Australia Matt Carroll, dikutip dari Reuters, Rabu.

"Kembalinya tim dan karantina telah menjadi bagian integral dari perencanaan kami untuk Olimpiade ini."

Pada akhir pekan depan, sekitar 250 atlet Australia dan ofisial tim, lebih dari 850 orang, akan kembali ke negaranya.

Bagi peraih medali emas kayak Jerman Ricarda Funk, yang akan pulang Kamis, Olimpiade Tokyo sukses besar, tetapi dia hampir tidak punya waktu untuk merasakan suasana di kampung atlet, yang biasanya dikenal dengan kehidupan sosialnya yang aktif karena lebih dari 10.000 atlet dari lebih dari 200 negara tinggal di sana.

"Ini benar-benar menyedihkan karena ini adalah Olimpiade pertama saya dan saya benar-benar ingin menikmati Kampung Atlet Olimpiade dan perasaan Olimpiade sedikit lebih banyak," kata Funk.

"Terutama karena di hari-hari pertama, saya fokus pada kompetisi dan saya tidak bisa benar-benar santai. Jadi di hari terakhir saya di sini, saya mencoba untuk benar-benar merasakan semuanya."

Atletik, olahraga terbesar di Olimpiade dalam hal jumlah atlet yang ambil bagian, baru akan dimulai Jumat.

Kota tuan rumah Olimpiade Tokyo mencatat 3.177 kasus virus corona baru, Rabu, menurut pengumuman pihak berwenang, mencapai rekor tertinggi harian untuk dua hari berturut-turut ketika lonjakan kasus COVID-19 memberi tekanan pada rumah sakit.

Olimpiade ditunda tahun lalu karena pandemi dan survei secara konsisten menunjukkan bahwa mayoritas warga Jepang menentang penyelenggaraan Olimpiade selama pandemi. (mii/ant)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
Jangan Lewatkan
Diduga Lakukan Pengeroyokan Gunakan Senpi, Oknum Anggota DPRD Kota Tangerang

Diduga Lakukan Pengeroyokan Gunakan Senpi, Oknum Anggota DPRD Kota Tangerang

JP seorang lelaki asal Cirebon, Jawa Barat diduga menjadi korban pengeroyokan yang dilakukan oleh oknum anggota DPRD Kota Tangerang, Banten.
Lagi, Lewandowski Kalahkan Messi dan Ronaldo.

Lagi, Lewandowski Kalahkan Messi dan Ronaldo.

Penyerang Bayern Munchen, Robert Lewandowski resmi mendapatkan Sepatu Emas Eropa berkat koleksi 41 gol nya di Bundesliga musim 2020/2021 lalu.
Persija Incar Kemenangan Perdana

Persija Incar Kemenangan Perdana

Presiden Persija, Mochamad Prapanca optimistis bahwa Marko Simic dkk bisa segera bangkit dan meraih tiga poin perdananya di pertandingan berikutnya kontra Laskar Joko Tingkir Persela lamomgan.
Gasak Fiorentina, Inter Panen Catatan Apik

Gasak Fiorentina, Inter Panen Catatan Apik

Inter Milan tampil sangat impresif untuk menaklukkan Fiorentina dengan skor 3-1 dalam duel pekan ke-5 Liga Italia atau Serie A 2021/22
Evakuasi Korban Banjir di Palangkaraya

Evakuasi Korban Banjir di Palangkaraya

Petugas Gabungan Kecamatan Pahandut dibantu warga mengevakuasi seorang lansia bernama Suciati berusia 76 tahun, dalam kondisi sakit terdampak banjir.
Ratusan Rumah di Sulawesi Utara Terendam Banjir

Ratusan Rumah di Sulawesi Utara Terendam Banjir

Ratusan rumah di Kecamatan Sang Tombolang dan Kecamatan Lolak, olaang Mongondow, Sulawesi Utara, terendam banjir setinggi pinggang orang dewasa.
Trending
Banjir Bandang di Luwu, Enam Rumah Hanyut

Banjir Bandang di Luwu, Enam Rumah Hanyut

Selain menghanyutkan enam rumah, banjir juga memutus jalan menuju Desa Siteba, di Kecamatan Walenrang Timur, Luwu, Sulawesi Selatan.
Juventus Akhirnya Petik Kemenangan Pertama

Juventus Akhirnya Petik Kemenangan Pertama

Juventus mendapat dorongan moral yang penting setelah mencatat kemenangan pertamanya di kompetisi Serie A Liga Italia musim ini dengan mengalahkan Spezia 3-2,
Cadas, De La Hoya Tawarkan Rp 1,4 Triliun untuk Mayweather

Cadas, De La Hoya Tawarkan Rp 1,4 Triliun untuk Mayweather

De La Hoya sangat menginginkan untuk bertarung kembali melawan Floyd Mayweather Junior. Bahkan De La Hoya menawarkan 100 juta dolar atau Rp1,4 triliun lebih untuk kembali melawannya.
Sri Mulyani Targetkan Sistem Pajak Berubah Jadi

Sri Mulyani Targetkan Sistem Pajak Berubah Jadi "Core Tax" di 2023

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menargetkan Sistem Informasi Direktorat Jenderal Pajak (SIDJP) berubah menjadi sistem core tax pada tahun 2023.
BMKG Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem

BMKG Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem

BMKG meminta masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem di masa peralihan (Pancaroba) dari musim kemarau ke musim hujan.
James Rodriguez Hijrah dari Everton ke Klub Qatar Al Rayyan

James Rodriguez Hijrah dari Everton ke Klub Qatar Al Rayyan

Gelandang asal Kolombia James Rodriguez resmi bergabung dengan klub Qatar Al Rayyan dari Everton
Inggris: Penularan Covid-19 Tertinggi pada Anak-Anak

Inggris: Penularan Covid-19 Tertinggi pada Anak-Anak

Penasihat senior masalah kesehatan Pemerintah Inggris Chris Whitty mengatakan pada Rabu bahwa penularan Covid-19 saat ini tertinggi pada anak berusia 12 hingga 15 tahun.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Pagi
06:00 - 06:30
Kabar Arena Pagi
06:30 - 08:00
Apa Kabar Indonesia Pagi
08:00 - 09:00
Rumah Mamah Dedeh
09:00 - 10:00
Hidup Sehat
10:00 - 10:30
Coffee Break
Selengkapnya