Tutup Menu
LIVESTREAM
Artikel
logo Piala Presiden Esports 2021
Sumber :
  • antara

Siap-Siap! Piala Presiden Esports 2021 Segera Digelar

Selasa, 14 September 2021 - 20:42 WIB

Jakarta, - Pemerintah bersiap menggelar Piala Presiden Esports 2021 dengan mengusung konsep sport tourism dan tema besar "Bangga Esport Indonesia," membawa game lokal ke dalam turnamen olahraga elektronik kasta tertinggi di Tanah Air tersebut.

Kepastian penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2021 disampaikan oleh Kepala Staf Kepresidenan RI Jend TNI (Purn) Moeldoko, yang mengatakan bahwa ajang tersebut sebagai penegasan komitmen dan dukungan pemerintah untuk terus memajukan ekosistem dan industri esports nasional.

"Dengan penuh pertimbangan atas situasi pandemi Covid-19, bersama Kemenpora dan lima kementerian teknis, termasuk juga KONI dan PB ESI, turnamen Piala Presiden Esports 2021 kami nyatakan dimulai," ujar Moeldoko dalam temu media virtual, Selasa 14 September 2021.

Menurut Moeldoko, penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2021, yang digagas oleh Presiden RI Joko Widodo, diarahkan untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki bangsa Indonesia menjadi pemimpin esports di kawasan regional Asia bahkan dunia.

"Indonesia merupakan negara terbesar pasar industri gaming di Asia Pasifik pada tahun 2020, dan menempati peringkat ke-12 di dunia," kata Moeldoko.

Pada tahun 2019, Moeldoko melanjutkan, valuasi industri gaming di Indonesia diperkirakan mencapai 14 triliun, diperkirakan tingkat pertumbuhan industri gaming mencapai di atas 10 persen per tahunnya.

Saat ini, menurut Moeldoko, pangsa pasar pelaku usaha lokal atau developer game, hanya sekitar 0,4 persen dari total pelaku usaha dalam negeri.

Salah satu nomor yang akan dipertandingkan adalah game lokal buatan anak bangsa, Lokapala. Moeldoko berharap Piala Presiden Esports 2021 bisa menjadi tantangan bagi Lokapala dan game lokal lainnya agar bisa naik kelas tidak hanya di kancah nasional, tetapi juga internasional.

"Kami mendukung adanya kemajuan sumber daya manusia, generasi muda Indonesia, yang kreatif, baik sebagai atlet esports maupun pelaku usaha industri gaming," kata Moeldoko.

"Pemerintah berharap penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2021 dapat menjadi momen untuk membuka kembali pintu pariwisata Indonesia, serta mendorong industri sport tourism untuk terus berkembang," dia menambahkan.

Hal senada juga disampaikan oleh Deputi Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Raden Isnanta, yang mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali.

Raden mengungkapkan popularitas esports di Tanah Air menunjukkan potensi yang sangat tinggi di bidang pariwisata, barang dan jasa. "Dan, tentu ini sesuai dengan Desain Besar Olahraga Nasional yang sudah diluncurkan pemerintah bahwa di dalamnya mengatur sport tourism dan juga sport industry."

Penyelenggaraan turnamen

Ketua Panitia Pelaksana Piala Presiden Esports 2021 Rangga Danu Prasetyo menjelaskan edisi ketiga kompetisi olahraga elektronik terbesar itu berfokus pada atlet Indonesia dengan mengusung konsep "Land of wonders."

"Tahun ini kita ingin mengusung esports tourism, meningkatkan sektor pariwisata di Indonesia yang sangat banyak sekali. Kita akan menampilkan keindahan Indonesia, itu menjadi pembeda dari Piala Presiden Esports sebelumnya," kata Rangga.

Berada dalam tema Bangga Esport Indonesia, salah satunya juga adalah memasukkan game Lokapala untuk dipertandingkan.

"Dari segi audience popularitas kita memilih game lokal yang cukup kompeten yang sudah dirilis untuk bisa berkompetisi," ujar Rangga, menambahkan bahwa panitia penyelenggara ingin "seluruh pelaku esport Indonesia untuk berpartisipasi di Piala Presiden Esports 2021."

Hal tersebut disambut baik oleh pengembang game Lokapala, Anantarupa Studios.

"Harapan kami supaya Piala Presiden Esports 2021 juga dapat membuka jalan bagi game developer lain yang sedang mengembangkan atau akan mengembangkan game esport lainnya, supaya dapat mendukung industri game nasional dan ekosistem esport Indonesia," kata COD Anantarupa Studios, Diana Paskarina.

Piala Presiden Esports 2021 akan digelar secara hybrid, online dan offline, mengkombinasikan sistem daring dan luring, serta penerapan protokol kesehatan yang ketat dan menyeluruh.

Selain game lokal Lokapala, cabang game yang akan dipertandingkan yaitu eFootball PES, Free Fire, Mobile Legends, PUBG Mobile dan MPL Gaming.

Pendaftaran Piala Presiden Esports 2021 telah dibuka sejak 9 September, dan akan berlangsung hingga 2 Oktober di situs resmi Piala Presiden Esports. Kompetisi olahraga elektronik tersebut akan dibuka dengan seremoni kick off pada 3 Oktober.

Pada babak kualifikasi akan terbagi dalam enam regional wilayah, yaitu Regional Sumatera, Regional Kalimantan, Regional Sulawesi, Regional Jawa, Regional Bali NTT NTB dan Regional Maluku Papua.

Selanjutnya, pertandingan di masing-masing cabang game akan bergulir hingga babak grand final pada akhir tahun nanti.

Selain trofi, para atlet dan tim yang bertanding akan berjuang memperebutkan total prize pool senilai Rp2 miliar dan kesempatan untuk menapaki karier yang lebih besar lagi di industri esports.

Menariknya, Piala Presiden Esports 2021 tidak hanya terbatas di level nasional saja. Pada babak grand final juga akan ada pertandingan level internasional yang secara khusus mendatangkan tim esports kelas dunia, yang diharapkan menjadi daya tarik yang besar bagi publik esport mancanegara untuk turut menyaksikan Piala Presiden 2021.(ant/toz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
Jangan Lewatkan
Barca Menyesal Kehilangan Messi

Barca Menyesal Kehilangan Messi

Barca mengalami krisis pemain di lini depan, setelah Messi hengkang ke Paris Saint-Germain (PSG).
Pertanyakan Hasil Pertemuan dengan Presiden,  Emak-emak Peternak Geruduk Rumah Suroto

Pertanyakan Hasil Pertemuan dengan Presiden, Emak-emak Peternak Geruduk Rumah Suroto

Emak-emak peternak di Blitar menggeruduk rumah Suroto di desa Surowadang, Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar, Sabtu (18/9/ 2021).
Wakil Bupati Sintang Tutup Usia

Wakil Bupati Sintang Tutup Usia

Wakil Bupati Sintang, Kalimantan Barat, Yosep Sudiyanto, meninggal dunia di RSCM Jakarta pada Sabtu (18/9) pukul 11.00 WIB.
Pelaku Wisata di Batu Minta Aturan Pembatasan Umur Dicabut

Pelaku Wisata di Batu Minta Aturan Pembatasan Umur Dicabut

Penurunan level ppkm dari level 4.3. 2 dan 1 tidak berpengaruh terhadap sektor pariwisata di wilayah aglomerasi Malang Raya.
Penganiaya Muhammad Kece Diduga Irjen Napoleon Bonaparte

Penganiaya Muhammad Kece Diduga Irjen Napoleon Bonaparte

Penganiayaan yang diterima tersangka kasus dugaan penistaan terhadap agama, Muhammad Kosman alias Mohammad Kece, akhirnya terungkap. Terlapor adalah jenderal bintang dua.
AS Minta Maaf Atas Serangan di Kabul Tewaskan 7 Anak-anak

AS Minta Maaf Atas Serangan di Kabul Tewaskan 7 Anak-anak

Militer Amerika Serikat, Jumat (17/9), meminta maaf karena serangan pesawat nirawak (drone) yang dilakukannya di Kabul pada Agustus ternyata menewaskan 10 warga sipil, termasuk tujuh anak-anak.
Trending
Misteri Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang, Ini Barang Bukti yang Sudah Dikumpulkan Polisi

Misteri Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang, Ini Barang Bukti yang Sudah Dikumpulkan Polisi

Sejauh ini polisi sudah menyita banyak barang bukti dari tempat kejadian perkara yang berlokasi di Kampung Ciseuti, Desa Jalancagak, Kabupaten Subang, Jawa Barat.
Aneh, Banyak Air dan Cairan Pembersih di TKP Pembunuhan Ibu-Anak Subang

Aneh, Banyak Air dan Cairan Pembersih di TKP Pembunuhan Ibu-Anak Subang

Dari dokumen yang secara eksklusif diterima tvOnenews.com, disebutkan sejumlah ruangan dalam keadaan basah dan tergenang air.
Pembunuhan Ibu-Anak di Subang, Kenapa Polisi Periksa Yosep dan Yoris Berulang Kali?

Pembunuhan Ibu-Anak di Subang, Kenapa Polisi Periksa Yosep dan Yoris Berulang Kali?

Baik Yosep dan Yoris mengakui, hubungan Tuti sebagai istri tua dengan Mimin yang merupakan madunya, tidak harmonis. Terutama masalah pengelolaan keuangan yayasan.
Terungkap! Kendaraan yang Digunakan Terduga Pelaku Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang

Terungkap! Kendaraan yang Digunakan Terduga Pelaku Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang

Dari analisis CCTV, diketahui bahwa ada dua kendaraan yang dipakai terduga pelaku pembunuhan. Yakni Toyota Avanza berwarna putih dan Yamaha Nmax berwarna biru.
Lebih Dekat dengan Mimin, Istri Muda di Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak Subang

Lebih Dekat dengan Mimin, Istri Muda di Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak Subang

Mimin justru mengaku tak ada masalah dengan Tuti maupun Amalia dan mengklaim tak pernah bertemu dengan kedua korban.
Setelah Dibunuh, Akun Medsos Amel Nonaktif, kok Bisa?

Setelah Dibunuh, Akun Medsos Amel Nonaktif, kok Bisa?

Setelah kematian Amalia Mustika Ratu (23) dan ibunya, Tuti Suhartini (55), akun media sosial milik Amel, yakni Instagram, langsung nonaktif. Ternyata ada seseorang yang sengaja melakukannya.
Sopir Truk Menyerahkan Diri Usai Tabrak Anak Buat Konten Penghadang Truk

Sopir Truk Menyerahkan Diri Usai Tabrak Anak Buat Konten Penghadang Truk

Sopir  truk yang menabrak anak saat membuat konten Youtebe menghentikan truk, akhirnya menyerahkan diri ke Polres Cianjur, Jawa Barat. Sopir N-I menyerahkan diri diantar oleh pihak perusahaannya.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Buru Sergap
15:30 - 16:00
Ragam Perkara
16:00 - 17:30
Kabar Petang
17:30 - 18:30
Kabar Petang Pilihan
20:00 - 21:00
Kabar Utama
21:00 - 22:00
One Fest
Selengkapnya