Tutup Menu
LIVESTREAM
Klaim Ramuan Ajaib Anti Covid Hadi Pranoto

Klaim Ramuan Ajaib Anti Covid Hadi Pranoto

Rabu, 5 Agustus 2020

Dalam wawancaranya dalam program Apa Kabar Indonesia Pagi, Hadi Pranoto yang sempat viral karena mengklaim telah menemukan obat herbal anti Corona mengatakan bahwa herbalnya telah melewati tahap uji klinis secara independen. Ia juga mengatakan sudah mengantongi izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan menjual produk tersebut ke masyarakat.

 

Ada pun kemudian Ali Ghufron Mukti selaku Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 Kemenristek mengatakan bahwa produk milik Hadi Pranoto harus melakukan registrasi ulang di BPOM jika herbal yang awalnya hanya obat herbal biasa sekarang digunakan sebagai anti Corona.

 

Namun hal tersebut kian menjadi polemik ketika Hadi Pranoto mengaku telah menggunakan produk herbalnya tersebut kepada pasien Covid-19 di Wisma Atlet.

 

"Ini tidak bisa lagi tidak melibatkan kepentingan profesi dokter sebagi pelaku tindak medis. Kepentingan lainnya adalah keselamatan dan keamanan masyarakat sebagai pengguna. Oleh karena itu kami sagat butuh keabsahan obat ini, kalau memang dikatakan sebagai obat," ujar Ketua Biro Hukum, Pembinaan, dan Pembelaan PB IDI, Dr. H. N. Nazar, Sp.B, MH.

 

Kalau kita lakukan sendiri belum tentu akan diakui oleh lembaga-lembaga terkait yang sudah ditunjuk oleh Pemerintah.

 

Nama Hadi Pranoto mendadak jadi buah bibir netizen usai tampil di video penyanyi Anji dan mengklaim telah menemukan obat Corona. Lantas siapakah sosok Hadi Pranoto ini?

 

Dalam wawancaranya bersama pelantun tembang 'Dia' yang berlangsung sekitar 30 menit itu, Hadi menyebut dirinya sebagai profesor sekaligus kepala Tim Riset Formula Antibodi Covid-19.

 

Ia mengaku sudah berhasil menemukan antibodi Covid-19, yang bisa mencegah dan menyembuhkan pasien yang telah terinfeksi.

 

Banyak netizen menilai bahwa Hadi Pranoto memberikan informasi soal obat Corona yang menyesatkan. Keterangan rinci tentang sosok Hadi Pranoto memang sulit untuk dicari. Namun, di depan Anji, Hadi mengaku telah menemukan obat Corona lewat penelitian yang dilakukannya.

 

Perbincangan Anji dan Hadi Pranoto sebelumnya diunggah dalam kanal YouTube dunia MANJI dengan judul "Bisa Kembali Normal? Obat Covid-19 Sudah Ditemukan!!". Namun kini video itu sudah dihapus oleh YouTube karena dianggap melanggar pedoman komunitas.

Berita Terkait :
Saksikan Juga
Trending
Usai Cuit Polisi Ganti Satpam BCA, Pria ini Diintimidasi

Usai Cuit Polisi Ganti Satpam BCA, Pria ini Diintimidasi

Ancaman tersebut berupa teror kekerasan hingga peretasan, pasca dirinya menyebut "Polisi se-Indonesia
Viral, Aksi “Si Iblis” Preman Kampung Meminta Jatah Bulanan ke Pemilik Kafe

Viral, Aksi “Si Iblis” Preman Kampung Meminta Jatah Bulanan ke Pemilik Kafe

Sebuah video amatir yang memperlihatkan aksi pemalakan yang dilakukan oleh AH alias Si Iblis atau Sibolis viral di media sosial.
Truk Kontainer yang Terguling di Tol Purbaleunyi Sudah Berhasil di Evakuasi

Truk Kontainer yang Terguling di Tol Purbaleunyi Sudah Berhasil di Evakuasi

PT Jasamarga melaporkan sebuah truk kontainer sempat terguling di Tol Purbaleunyi ruas Plered KM 91 mengarah ke Jakarta, pada Sabtu (16/10) petang, dan sudah berhasil ditangani pada Minggu dini hari.
Polda Jawa Barat Pulangkan 77 Karyawan Pinjol Sleman

Polda Jawa Barat Pulangkan 77 Karyawan Pinjol Sleman

Sebanyak 77 orang karyawan perusahaan pinjaman online (pinjol), tiba di Mapolsek Bulaksumur, Sleman, Yogyakarta pada Sabtu (16/10/2021) malam.
Perhiasan Senilai 2 Miliar, Ronaldo Lamar Kekasihnya?

Perhiasan Senilai 2 Miliar, Ronaldo Lamar Kekasihnya?

Cristiano Ronaldo benar-benar berada dalam suasana hati yang baik setelah membuat rekor gol internasional lagi untuk Portugal.
Diduga Ugal-Ugalan, Bus Sugeng Rahayu Tabrak 3 Motor  Pengendara Tergencet

Diduga Ugal-Ugalan, Bus Sugeng Rahayu Tabrak 3 Motor Pengendara Tergencet

Diduga sopir yang ugal-ugalan saat di jalur ramai, Bus Sugeng Rahayu jurusan Yogyakarta-Surabaya menabrak 3 motor dan juga satu bus lain di depannya.
Fajar/Rian: Kemenangan Jojo Tingkatkan Rasa Percaya Diri Kami

Fajar/Rian: Kemenangan Jojo Tingkatkan Rasa Percaya Diri Kami

Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengakui kemenangan yang diraih oleh Jonatan Christie (Jojo) telah membantu meningkatkan kepercayaan diri mereka saat melakoni laga semifinal Piala Thomas.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Ragam Perkara
Saat Ini
Indonesia Plus
11:30 - 12:30
Kabar Siang
12:30 - 14:00
Damai Indonesia
14:00 - 15:00
OnePrix
15:00 - 15:30
Football Vaganza
Selengkapnya