Tutup Menu
LIVESTREAM
FPI Organisasi Terlarang

FPI Organisasi Terlarang

Senin, 4 Januari 2021

Terhitung sejak tanggal 30 Desember 2020,  Pemerintah Indonesia resmi melarang segala bentuk kegiatan dan aktivitas dari Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Front Pembela Islam (FPI). Keputusan pelarangan FPI ini diputuskan melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) enam pejabat tinggi negara yakni Menteri Dalam Negeri, Menteri Hukum dan HAM, Menteri Komunikasi dan Informatika, Jaksa Agung, Kapolri, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme.

 

Dalam keterangan persnya, Menko Polhukam mengatakan bahwa memang sejak tanggal Juni 2019 kemarin FPI secara de jure telah bubar sebagai ormas karena tidak lagi mengantongi izin dari Pemerintah. Namun begitu, ia menambahkan, secara organisasi FPI tetap melakukan kegiatan-kegiatan yang dianggap mengganggu ketertiban dan keamanan.

 

"Sebagai organisasi, FPI tetap melakukan aktivitas-aktivitas yang melanggar ketertiban dan keamanan dan bertentangan dengan hukum. Seperti tindak kekerasan sweeping atau razia secara sepihak, provokasi, dan sebagainya," ujar Mahfud MD.

 

Oleh karena itu berdasarkan undang-undang dan sesuai dengan putusan MK, pemerintah melarang segala aktivitas Front Pembela Islam dan akan menghentikan setiap kegiatan yang dilakukan mereka. Karena FPI dianggap tidak mempunyai lagi legal standing, baik sebagai ormas maupun sebagai organisasi.

 

Mahfud juga memerintahkan kepada seluruh instrumen dan aparat pemerintah baik pusat dan daerah bahwa FPI tidak lagi memiliki legal standing maka ke depannya jika ada organisasi yang mengatasnamakan FPI maka harus ditolak. Selain itu pemerintah juga melarang masyarakat terlibat dalam kegiatan yang mengatasnamakan Front Pembela Islam.

 

Berdasarkan keputusan tersebut, sorenya puluhan personel Polri dan TNI bersenjata lengkap mendatangi kawasan Petamburan yang menjadi basis utama FPI untuk mencopot atribut FPI yang banyak terpasang di kawasan tersebut. Proses pencopotan ini berjalan tanpa adanya perlawanan.


Walau demikian, usai pembubaran FPI itu berembus kabar di sosial media bahwa akan muncul kembali ormas baru yang jika disingkat juga memiliki akronim FPI. Neo-FPI ini merupakan kepanjangan dan Front Persatuan Islam.

 

Menanggapi hal tersebut, advokat yang juga politikus PDI Perjuangan Henry Yosodiningrat mengatakan bahwa basis massa yang sebelumnya bernaung di bawah panji FPI harus taat dengan hukum. Ia juga meminta agar penasihat hukum FPI tidak bertindak sembarangan.

 

"Saya minta penasihat hukumnya profesional ya. Jangan melakukan langkah-langkah bodoh. Saya sudah tahu yang dikatakan saudara Haikal (Haikal Hassan Baras) itu. Mereka mengubah nama dari Front Pembela Islam jadi Front Pemersatu Islam. Saya akan berada di barisan paling depan untuk membantu TNI-Polri dan saya akan kerahkan massa untuk membantu TNI-Polri. Dan saya sebagai advokat juga bukan advokat kemarin sore, saya akan lawan semua penasihat hukum mereka yang membuat statement-statement seperti itu," ujarnya.

Berita Terkait :
Saksikan Juga
Trending
Usai Cuit Polisi Ganti Satpam BCA, Pria ini Diintimidasi

Usai Cuit Polisi Ganti Satpam BCA, Pria ini Diintimidasi

Ancaman tersebut berupa teror kekerasan hingga peretasan, pasca dirinya menyebut "Polisi se-Indonesia
Truk Kontainer yang Terguling di Tol Purbaleunyi Sudah Berhasil di Evakuasi

Truk Kontainer yang Terguling di Tol Purbaleunyi Sudah Berhasil di Evakuasi

PT Jasamarga melaporkan sebuah truk kontainer sempat terguling di Tol Purbaleunyi ruas Plered KM 91 mengarah ke Jakarta, pada Sabtu (16/10) petang, dan sudah berhasil ditangani pada Minggu dini hari.
Polda Jawa Barat Pulangkan 77 Karyawan Pinjol Sleman

Polda Jawa Barat Pulangkan 77 Karyawan Pinjol Sleman

Sebanyak 77 orang karyawan perusahaan pinjaman online (pinjol), tiba di Mapolsek Bulaksumur, Sleman, Yogyakarta pada Sabtu (16/10/2021) malam.
Perhiasan Senilai 2 Miliar, Ronaldo Lamar Kekasihnya?

Perhiasan Senilai 2 Miliar, Ronaldo Lamar Kekasihnya?

Cristiano Ronaldo benar-benar berada dalam suasana hati yang baik setelah membuat rekor gol internasional lagi untuk Portugal.
Ini Cerita Salah Satu Korban Selamat Susur Sungai Maut di Ciamis

Ini Cerita Salah Satu Korban Selamat Susur Sungai Maut di Ciamis

Seorang korban selamat dalam musibah tenggelamnya 11 siswa Madrasah Tsanawiyah (MTS) Harapan Baru Kabupaten Ciamis menceritakan peristiwa awal sebelum terjadinya musibah.
Viral, Aksi “Si Iblis” Preman Kampung Meminta Jatah Bulanan ke Pemilik Kafe

Viral, Aksi “Si Iblis” Preman Kampung Meminta Jatah Bulanan ke Pemilik Kafe

Sebuah video amatir yang memperlihatkan aksi pemalakan yang dilakukan oleh AH alias Si Iblis atau Sibolis viral di media sosial.
Diduga Ugal-Ugalan, Bus Sugeng Rahayu Tabrak 3 Motor  Pengendara Tergencet

Diduga Ugal-Ugalan, Bus Sugeng Rahayu Tabrak 3 Motor Pengendara Tergencet

Diduga sopir yang ugal-ugalan saat di jalur ramai, Bus Sugeng Rahayu jurusan Yogyakarta-Surabaya menabrak 3 motor dan juga satu bus lain di depannya.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Ragam Perkara
Saat Ini
Best World Boxing
11:00 - 11:30
Indonesia Plus
11:30 - 12:30
Kabar Siang
12:30 - 14:00
Damai Indonesia
14:00 - 15:00
OnePrix
Selengkapnya