Tutup Menu
LIVESTREAM
Menghitung Hari Vaksinasi

Menghitung Hari Vaksinasi

Kamis, 7 Januari 2021

Tinggal menghitung waktu sebelum vaksin COVID-19 mulai disuntikkan ke masyarakat. Belum lama ini Pemerintah Indonesia kembali mendatangkan vaksin COVID-19 sebanyak 1,8 juta dosis. Vaksin produksi Sinovac ini tiba di di tanah air pada Kamis, 31 Desember 2020 silam.


Kedatangan vaksin ini merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya 1,2 juta vaksin Sinovac tiba pada 6 Desember 2020 lalu, sehingga menambah ketersediaan vaksin bentuk jadi asal Sinovac menjadi 3 juta dosis. Turut hadir saat penjemputan vaksin di Bandara Soekarno-Hatta antara lain Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.


Meskipun begitu, vaksin Sinovac yang telah tiba di Indonesia saat ini masih menunggu izin darurat dari BPOM dan menunggu uji klinis tahap ketiga. Harapannya vaksinasi dapat segera dilakukan dan Indonesia dapat melawan COVID-19.


Ada pun Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan tata cara pelaksanaan vaksinasi COVID-19 yang direncanakan akan dilakukan awal tahun 2021 ini. Masyarakat juga dapat mengecek status sebagai penerima vaksin COVID-19 tahap pertama secara mandiri. Pelaksanaan vaksinasi akan dilaksanakan dalam beberapa tahap, namun untuk tahap pertama masih akan diperuntukkan bagi tenaga kesehatan yang berada di garda terdepan penanganan COVID.


Nantinya, seluruh tenaga kesehatan yang memenuhi syarat tentunya akan masuk dalam daftar penerima vaksin COVID-19 tahap pertama. Kini, seluruh tenaga kesehatan sudah dapat memulai untuk melakukan pengecekan apakah namanya terdaftar sebagai penerima vaksin COVID-19.

 
Untuk itu ada beberapa cara apabila ingin mengecek nama yang terdaftar sebagai penerima vaksin COVID-19, diantaranya dapat mengunduh aplikasi PeduliLindungi di Android maupun iOS. Selain itu, dapat melakukan pengecekan dengan mengunjungi lama pedulilindungi.id di browser.

 
Langkah pertama, di browser dapat kunjungi laman pedulilindungi.id. Jika sudah masuk dalam laman pedulilindungi.id maka akan ada tulisan periksa dengan cara memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Setelah memasukkan NIK sesuai dengan KTP, nantinya akan muncul informasi atau keterangan nama yang yang terdaftar sebagai penerima vaksin COVID-19 tahap pertama.

 
“Cara ini cukup mudah dan cepat,” kata Maria. Mulai 31 Desember 2020, Kementerian Kesehatan telah mengirimkan SMS bagi tenaga kesehatan yang telah terdaftar sebagai penerima vaksin COVID-19 tahap pertama.

 
“Tapi jika memang belum mendapatkan pesan singkat melalui SMS Anda dapat melakukan pengecekan seperti saya tadi,” paparnya. Karena saat ini pemerintah telah menyiapkan 1,3 juta vaksin bagi tenaga kesehatan di 34 provinsi yang akan diberi vaksinasi tahap pertama.
 

Pada Senin (1/4/) kemarin, Biofarma selaku distributor mengirimkan vaksin ke Provinsi Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Bali, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, dan Papua.


Jawa Timur dan Jawa Tengah menjadi provinsi dengan pengiriman dosis terbanyak dengan masing-masing 77.760 dan 62.560, disusul selanjutnya dengan Lampung dengan 40.520, serta Sumatera Barat dengan 36.920. Kebutuhan vaksin COVID-19 untuk masyarakat Indonesia sendiri diperkirakan sebanyak 426 juta dosis.
 

Berita Terkait :
Saksikan Juga
Trending
Usai Cuit Polisi Ganti Satpam BCA, Pria ini Diintimidasi

Usai Cuit Polisi Ganti Satpam BCA, Pria ini Diintimidasi

Ancaman tersebut berupa teror kekerasan hingga peretasan, pasca dirinya menyebut "Polisi se-Indonesia
Polda Jawa Barat Pulangkan 77 Karyawan Pinjol Sleman

Polda Jawa Barat Pulangkan 77 Karyawan Pinjol Sleman

Sebanyak 77 orang karyawan perusahaan pinjaman online (pinjol), tiba di Mapolsek Bulaksumur, Sleman, Yogyakarta pada Sabtu (16/10/2021) malam.
Truk Kontainer yang Terguling di Tol Purbaleunyi Sudah Berhasil di Evakuasi

Truk Kontainer yang Terguling di Tol Purbaleunyi Sudah Berhasil di Evakuasi

PT Jasamarga melaporkan sebuah truk kontainer sempat terguling di Tol Purbaleunyi ruas Plered KM 91 mengarah ke Jakarta, pada Sabtu (16/10) petang, dan sudah berhasil ditangani pada Minggu dini hari.
Viral, Aksi “Si Iblis” Preman Kampung Meminta Jatah Bulanan ke Pemilik Kafe

Viral, Aksi “Si Iblis” Preman Kampung Meminta Jatah Bulanan ke Pemilik Kafe

Sebuah video amatir yang memperlihatkan aksi pemalakan yang dilakukan oleh AH alias Si Iblis atau Sibolis viral di media sosial.
Perhiasan Senilai 2 Miliar, Ronaldo Lamar Kekasihnya?

Perhiasan Senilai 2 Miliar, Ronaldo Lamar Kekasihnya?

Cristiano Ronaldo benar-benar berada dalam suasana hati yang baik setelah membuat rekor gol internasional lagi untuk Portugal.
Diduga Ugal-Ugalan, Bus Sugeng Rahayu Tabrak 3 Motor  Pengendara Tergencet

Diduga Ugal-Ugalan, Bus Sugeng Rahayu Tabrak 3 Motor Pengendara Tergencet

Diduga sopir yang ugal-ugalan saat di jalur ramai, Bus Sugeng Rahayu jurusan Yogyakarta-Surabaya menabrak 3 motor dan juga satu bus lain di depannya.
Ini Cerita Salah Satu Korban Selamat Susur Sungai Maut di Ciamis

Ini Cerita Salah Satu Korban Selamat Susur Sungai Maut di Ciamis

Seorang korban selamat dalam musibah tenggelamnya 11 siswa Madrasah Tsanawiyah (MTS) Harapan Baru Kabupaten Ciamis menceritakan peristiwa awal sebelum terjadinya musibah.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Ragam Perkara
Saat Ini
Best World Boxing
11:00 - 11:30
Indonesia Plus
11:30 - 12:30
Kabar Siang
12:30 - 14:00
Damai Indonesia
14:00 - 15:00
OnePrix
Selengkapnya