Hore! Kebun Binatang Gembira Loka Mulai Buka Normal, Anak Anak Bisa Masuk.
Sumber :
  • tvone

Hore! Gembira Loka Zoo Mulai Buka Normal, Anak Anak Bisa Masuk

Selasa, 12 Oktober 2021 - 20:58 WIB

Yogyakarta, DIY - Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta mulai buka normal sejak Senin kemarin (11/10/2021), setelah sempat tutup dan hanya melayani pengunjung pada Sabtu dan Minggu saja. Sejak dibuka normal dan memperbolehkan anak di bawah usia 12 tahun masuk, jumlah pengunjung meningkat. 

“Kita mulai hari ini melaksanakan diskresi, anak di bawah 12 tahun kita izinkan masuk. Tapi tidak semua kita bolehkan, kalau orang tua yang menyertainya belum vaksin,” kata Manajer Pemasaran Gembira Loka Zoo, Yosi Hermawan saat ditemui di lokasi. Disebutkan tiga syarat yang harus dipenuhi pengunjung. Pertama, jika membawa anak usia di bawah 12 tahun maka orang tua atau pendampingnya harus sudah menjalani vaksin lengkap. Kedua, calon pengunjung wajib melakukan scan QR-Code PeduliLindungi sebelum membeli tiket masuk. Syarat ketiga, menerapkan prokes secara ketat. 

“Tadi ada juga rombongan yang kami tolak karena orang tua yang menyertai anaknya ada yang belum vaksin,” tutur dia. 

Menurut Yosi, kalau ada pengunjung yang tidak mengenakan masker standar, maka pengelola kebun binatang Gembira Loka memfasilitasi yang standar prokes. “Kita fasilitasi masker anak maupun untuk dewasa, bagi mereka yang tidak mengenakan masker standar,” sebut dia. 

Dengan dibolehkan anak usia di bawah 12 tahun masuk, diakui berdampak pada meningkatnya pengunjung. “Sampai tengah hari ini lumayan sudah ada sekitar 150 pengunjung. Karena  saat uji coba pembukaan lalu, ketika anak di bawah umur 12 tahun dilarang masuk, pengunjung per hari hanya berkisar 20 sampai 30 orang,” ucap dia. Dalam menjalankan kebijakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang memberikan diskresi bagi anak di bawah 12 tahun boleh masuk ke objek wisata, manajemen kebun binatang Gembira Loka tidak lantas serta-merta semua anak dibolehkan masuk. 

Sebagai salah objek wisata dari 20 destinasi wisata di Jawa yang boleh melakukan uji coba pembukaan, saat DIY diberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3, diakui saat itu itu sangat berat khususnya di biaya operasional. “Setelah dua minggu kita evaluasi dengan adanya peraturan ketat anak usia 12 tahun tidak boleh masuk, kita sangat berat di operasional. Hari biasa hanya ada 20 sampai 30 orang saja yang bisa masuk. Karena sebagian besar mereka balik ketika anaknya tidak dibolehkan masuk,”  tutur Yosi.(nuryanto/chm)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral