Merak Hijau hasil tangkapan pekerja proyek Bandara Kediri dirawat sementara di kandang BKSDA Kediri..
Sumber :
  • Yusuf Saputro

Wow!! Merak Hijau Liar Ditemukan Pekerja Proyek Bandara Kediri

Kamis, 14 Oktober 2021 - 08:20 WIB

Kediri, Jawa Timur - Seekor burung Merak Hijau ditemukan pekerja di area pembangunan Bandara Kediri. Merak Hijau dengan kelamin jantan ini terlihat masih liar.

Temuan Merak Hijau di proyek Bandara Kediri ini kemudian diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kediri.

Kepala Resort Konservasi Wilayah 1 BKSDA Kediri, David Faturahman menerangkan, penyerahan dilakukan oleh sejumlah pekerja proyek pembangunan Bandara Kediri.

Mereka menyerahkan ke BKSDA usai berhasil menangkap Merak Hijau. Penyerahan Merak Hijau ini agar bisa dilakukan perawatan lebih lanjut terhadap satwa yang dilindungi itu.

Dari hasil pemeriksaan luar, diketahui jika burung Merak Hijau tersebut berjenis kelamin jantan, diperkirakan berusia di atas 2 tahun.

"Dari pengakuan pekerja mereka menemukan di area lokasi pembangunan bandara Kediri. Tapi detailnya lokasi dimana saya belum tahu," ujar David Faturahman, Rabu 13 Oktober 2021.

Dari pengamatan petugas, burung Merak Hijau yang ditemukan itu masih menunjukkan sifat liarnya.  Hal ini menegaskan bahwa burung ini bukan hewan peliharaan yang lepas.

David menjelaskan burung Merak Hijau ini habitatnya berada di dataran rendah dengan suhu tropis.

"Apakah area di proyek pembangunan Bandara Kediri merupakan habitat alaminya, kita juga belum tahu. Masih perlu kajian lebih dalam lagi. Tapi burung ini menunjukkan sifat liarnya," imbuhnya.

Menurut David, saat ini kondisi burung dalam keadaan sehat. Petugas akan membawa burung ini ke Kantor Wilayah BKSDA Jawa Timur untuk ditempatkan di kandang yang lebih representatif.

Setelah dilakukan observasi, burung ini nantinya akan dilepasliarkan kembali.

Proyek Bandara Kediri berada di lereng Gunung Wilis tepatnya di kawasan Kecamatan Banyakan, Grogol dan Tarokan Kabupaten Kediri. Salah satu habitat Merak Hijau (Pavo muticus) ada di hutan wilayah Pulau Jawa.( Yusuf Saputro/rif)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral