Puan Maharani.
Sumber :
  • dpr.go.id

Nama Lengkap Puan Maharani Punya Arti Mendalam, Tak Banyak Orang Tahu Nama Lengkap Puan Maharani

Sabtu, 4 Maret 2023 - 19:21 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ketua DPR Puan Maharani ternyata memiliki nama lengkap yang belum banyak orang tahu, yakni Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi.

Menurut Puan, semua nama anak dan cucu Bung Karno memang memiliki nama dengan arti yang bermakna, termasuk dirinya.

Dalam sebuah wawancara di televisi, ia ditanya soal makna dari nama lengkap Puan oleh pembawa acara.

"Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi, (artinya) Putri yang turun dari kayangan," kata Puan.

Puan adalah anak bungsu dan satu-satunya putri mantan presiden dan pemimpin PDI-P saat ini, Megawati Sukarnoputri, serta cucu dari mantan Presiden Sukarno. Ayahnya, Taufiq Kiemas, adalah seorang politikus yang menjabat sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat dari tahun 2009 hingga kematiannya pada 2013.

Pada tahun 2008, Megawati memperkenalkan Puan, yang saat itu menjabat sebagai Ketua Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan DPP PDI-P, sebagai penggantinya saat berkampanye untuk pemilihan gubernur Jawa Timur 2008 di Ngawi. 

Setelah itu, Maharani mencalonkan diri di Pemilu 2009 di dapil Jawa Tengah 5 (meliputi Surakarta, Sukoharjo, Klaten, dan Boyolali) dan memenangkan 242.504 suara, tertinggi kedua dari semua calon anggota parlemen di negara ini. Pada masa jabatan pertamanya, ia menjabat sebagai Ketua Fraksi PDI-P sejak 2012, menggantikan Tjahjo Kumolo (yang kemudian menjadi Menteri Dalam Negeri). Ia ditugaskan di komisi VI DPR, meliputi investasi dan UKM. Selama periode ini, dia menentang kebijakan kenaikan harga bahan bakar pada tahun 2013. (ebs)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:31
02:44
03:34
06:26
09:41
20:11
Viral