500 siswa SMP negeri 18 Kota Bogor diberi edukasi terkait bahaya narkotika jenis tembakau dan ganja..
Sumber :
  • tvOnenews/Eko Hadi

500 Anak SMP Diedukasi Bahaya Narkotika Tembakau dan Ganja

Sabtu, 4 Maret 2023 - 22:06 WIB

Bogor, tvOnenews.com - 500 siswa SMP negeri 18 Kota Bogor diberi edukasi terkait bahaya narkotika jenis tembakau dan ganja oleh Forum Anti Penyalahgunaan Napza Indonesia (Forza).

Menurut Anggota Departemen Pencegahan Forza, Andri penyalahgunaan narkotika yang sangat marak melibatkan anak-anak usia SMP.

Hal ini terjadi, sambung Andri lantaran kurangnya informasi tentang Narkotika jenis baru dan saat ini kalangan pelajar SMP menjadi gerbang masuk penyalahgunaan yang lumayan besar.

"Sebagai organisasi yang memang peduli terhadap isu narkotika dan terlebih sebagian besar anggota Forza adalah Pelajar dan Mahasiswa. Sudah saatnya Adik adik kita yang ada di tingkat SMP kita berikan Komunikasi, Edukasi dan Informasi (KIE) yang tepat dan benar tentang Penyalahgunaan Narkotika," ungkapnya, Sabtu 4 Maret 2023.

Berdasarkan data dari Badan Nasional Narkotika (BNN) dan Kominfo, 82,4 persen generasi muda berusia 15 tahun sampai 25 tahun terbukti menggunakan narkoba dan berstatus sebagai pemakai. Sedangkan 47,1 persen memiliki peran sebagai pengedar dan 31,4 persen pemuda adalah kurir narkoba. 

Sementara data dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) 17,8 persen penghuni Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) tersandung pidana narkotika. 

Menurut sebuah penelitian bertajuk ‘Kasus Narkoba di Indonesia dan Upaya Pencegahannya di Kalangan Remaja’, banyaknya anak yang kurang mendapatkan perhatian orangtua menjadi faktor lain lonjakan kasus ini.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:01
06:13
08:31
03:29
04:25
01:50
Viral