Presiden Jokowi menghadiri Istighosah dan Doa Bersama Rabithah Melayu-Banjar, Tabalong, Kalimantan Selatan, Jumat (17/3/2023)..
Sumber :
  • Antara

Presiden Joko Widodo: IKN Akan Menjadi Gerbang Percepatan Pembangunan di Kalimantan

Jumat, 17 Maret 2023 - 10:07 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh pihak untuk mewujudkan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang akan menjadi pintu gerbang pembangunan di Kalimantan. Jokowi juga mengatakan bahwa pembangunan IKN merupakan upaya pemerataan agar perekonomian tidak hanya bersifat Jawa sentris, namun berubah menjadi Indonesia sentris.

“Saya mengajak kita semua untuk berdoa, berikhtiar, bekerja keras dengan sekuat tenaga untuk mewujudkan pembangunan IKN, sebagai pintu gerbang percepatan pembangunan di Kalimantan, dan memohon ridha Allah SWT untuk membimbing dan memudahkan langkah kita,” kata Jokowi dalam Istighosah dan Doa Bersama Rabithah Melayu-Banjar, Tabalong, Kalimantan Selatan, Jumat, yang disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden.

Jokowi juga menyebutkan bahwa Indonesia memiliki 17 ribu pulau dengan penduduk sebanyak 280 juta jiwa dan 56 juta jiwa berada di Pulau Jawa.

Tidak hanya itu, 58 persen perputaran uang nasional juga berada di Pulau Jawa. Untuk itu maka pemerintah gencar untuk membangun infrastruktur di luar Pulau Jawa.

“Untuk dorong agar PDB ekonomi itu bisa keluar dari Jawa. Ini untuk wujudkan namanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujar dia.

Pemindahan ibu kota negara sudah dicetuskan sejak oleh Presiden pertama Indonesia, Soekarno.(ant/chm)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral