Menkeu Sri Mulyani Indrawati saat rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI, Jakarta Pusat, Senin (27/3/2023)..
Sumber :
  • Istimewa

Imbas Curhatan Anak Gusdur soal Kopernya Dibongkar Bea Cukai, Sri Mulyani Langsung Beri Perintah Anak Buahnya

Senin, 27 Maret 2023 - 15:21 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati angkat bicara soal kasus petugas Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) yang santer menjadi bahan pembicaraan di media sosial terkait bongkar koper penumpang.

Dia menitahkan petugas DJBC memperbaiki manajemen risiko terhadap barang bawaan penumpang, misalnya tidak mengacak-acak koper milik penumpang. Hal ini dia sampaikan saat menghadiri rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI, Jakarta Pusat, Senin (27/3/2023).

"Kami juga menyadari teman-teman di Bea Cukai perlu terus memperbaiki juga dari sisi pelayanan, yang harusnya berdasarkan risk management, jangan sampai semua orang diadul-adul (acakadut) barangnya yang membuat marah," jelas dia.

Dalam hal ini dia membeberkan bahwa batas minimal penumpang yakni sebesar USD500, maka apabila melebihi angka tersebut petugas DJBC berhak melakukan pemeriksaan barang bawaan penumpang.

Oleh karena itu, eks Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menuntut petugas DJBC mengoptimalkan profiling penumpang sebelum dilakukan pemeriksaan. Sesuai dengan ketentuan best practice yang telah diterapkan di setiap negara.

"Jadi harus ada manajemen dioptimalkan profilingnya, dan juga akan terus dilakukan monitoring untuk pelayanannya menjadi bagus," pungkasnya.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:47
01:40
02:00
02:22
02:28
01:11
Viral