250 Siswa Dikmaba dan Dikmata TNI AL Angkatan XLIII Ditempa Jadi Prajurit Kuat di Tanah Melayu.
Sumber :
  • Istimewa

250 Siswa Dikmaba dan Dikmata TNI AL Angkatan XLIII Ditempa Jadi Prajurit Kuat di Tanah Melayu

Senin, 3 April 2023 - 19:11 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Dalam rangka mendidik dan menempa prajurit – prajurit TNI Angkatan Laut yang kuat di tanah Melayu, Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Suhartono secara resmi membuka Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI Angkatan Laut (TNI AL) Angkatan XLIII Tahun 2023, yang diikuti 250 siswa bertempat, di Satuan Pendidikan (Satdik) – 1, Tanjung Uban, Kepulauan Riau. Senin, (3/4/2023).

250 siswa tersebut terdiri dari 100 Siswa Dikmaba, dan 150 Siswa Dikmata TNI AL. Mereka merupakan putra daerah yang berasal dari pendaftaran Lantamal I Belawan, Lantamal II Padang, Lantamal IV Batam, Lantamal XII Pontianak dan Lanal Sabang. 

Pendidikan yang diselenggarakan di Satdik-1 meliputi 3 tahapan yang terdiri tahap keprajuritan selama 3 bulan, pendidikan dasar golongan selama 1 bulan dan pendidikan dasar lanjutan selama 2 bulan.

Dankodiklatal dalam amanatnya mengatakan guna mewujudkan kedaulatan negara di laut, TNI AL perlu memusatkan perhatian dan konsentrasi di pulau-pulau terdepan dan wilayah perbatasan dalam rangka mencegah segala bentuk ancaman. 

"TNI AL harus proaktif dengan membangun kekuatan tempur secara optimal untuk mencapai kesiapan operasional yang tinggi kapan pun negara memanggil," tutur Dankodiklatal.

Menurut Jenderal Marinir bintang tiga itu, pendidikan pertama ini ditujukan untuk mendidik dan membekali calon Bintara dan Tamtama TNI AL yang berjiwa pejuang Sapta Marga, memiliki kesamaptaan jasmani sesuai standar binjas TNI, memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar keprajuritan dan kematralautan, sehingga mampu melaksanakan tugas sebagai Bintara dan Tamtama TNI AL yang profesional, modern  serta tangguh.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:05
07:53
01:23
05:26
13:30
02:11
Viral